Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dinas Perdagangan Kudus Pesimistis PAD Pasar Tahun Ini Terpenuhi

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus pesimistis bisa mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pasar tahun 2019. Pasalnya, hingga awal bulan ini realisasi PAD di Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus baru mencapai 75 persen.

“Realisasi PAD dari sektor pasar baru mendekati 75 persen,” jelas Sekretaris Dinas Perdagangan Kudus Andy Imam Santoso.

Ia mengatakan, untuk target PAD di sektor pasar tahun 2019 ini sebesar Rp 12 miliar. Namun hingga awal bulan Desember baru mencapai 75 persen.

“Akhir tahun sulit. Tapi kita akan maksimalkan,” lanjutnya.

Ia menyebutkan, ada beberapa faktor menyebabkan rendahnya PAD di sektor pasar tahun 2019 ini. Di antaranya peningkatan target yang dibebankan kepada Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus tahun 2019 ini terbilang tinggi.

“Belum lagi tarif penarikan retribusi yang masih rendah. Padahal target PAD setiap tahun selalu dinaikan,” ujarnya.

Kondisi para pedagang di pasar Bitingan Kudus. (MURIANEWS.com/Dian Utoro Aji)

Ia menyebutkan, tarif retribusi di Kudus terendah di Jawa Tengah. Dalam satu lokasi bisa hanya mendapatkan retribusi sebesar Rp 300 saja.

“Padahal PAD terus naik,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya saat ini tengah akan menggodok untuk merencanakan kenaikan retribusi. Hanya, kenaikan tersebut masih dalam pembahasan oleh pihak Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus.

“Harapnya nanti melalui e-retribusi bisa menggenjot kenaikan pendapatan di sektor pasar tahun depan,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...