Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Beda! Para Petinggi Terpilih di Jepara Bakal Dilantik di Benteng Portugis

0 211

MURIANEWS.com, Jepara – Para petinggi desa yang terpilih dalam Pemilihan Petinggi Desa (Pilpetdes) serentak 2019, akan segera dilantik. Rencananya sebanyak 136 petinggi yang sudah terpilih, akan dilantik pada Kamis (5/12/2019) di Benteng Portugis, Donorojo, Jepara.

Dipilihnya lokasi wisata Benteng Portugis, memang menjadi satu sisi lain dalam proses akhir suksesi kepemimpinan di tingkat desa.

Untuk yang sudah-sudah pelantikan petinggi desa biasa dilakukan di Pendapa Kabupaten Jepara, di pusat kota pemerintahan Jepara. Namun tahun ini lain.

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan, pihaknya sendiri yang meminta hal itu dilakukan. Pihaknya ingin mengenalkan Benteng Portugis kepada para petinggi desa terpilih, dan melakukan pelantikan di tempat bersejarah itu.

Pihaknya sengaja memilih Benteng Portugis, untuk pelaksanaan pelantikan para petinggi ini karena sarat dengan sejarah. Selain itu, pihaknya juga ingin mengajak mereka bersama keluarga untuk berekreasi ke objek wisata khususnya di Kabupaten Jepara.

“Kami ingin memulai sejarah mereka, di tempat bersejarah di Benteng Portugis. Diperkiarakan akan ada 1.200 undangan yang akan hadir dalam pelantikan tersebut, sekaligus mengenalkan objek wisata ini. Saya yakin dari 136 petinggi terpilih pasti ada yang belum pernah ke Bateng Portugis,” ujar Dian Kristiandi, Selasa (3/12/2019).

Pihaknya juga sudah memastikan tempat pelantikan, dengan melakukan survei lokasi. Pantai Benteng Portugis dipastikan representatif untuk pelantikan mendatang. Proses administrasi terkait surat keputusan juga sudah siap. Tidak ada sengketa dan tinggal pelantikan.

Pelantikan di Benteng Portugis akan menempati taman terbuka di dekat pantai. Konsep ini baru pertama kali dilakukan.

Sebelumnya, selalu digelar di Pendapa Kabupaten Jepara. Rencananya, Rabu (4/12/2019) akan digelar gladi kotor acara.

Dengan pemilihan lokasi bersejarah, diharapkan para petinggi terpilih meneladani nilai-nilai perjuangan para pahlawan. Perjuangan Ratu Kalinyamat sebagai tonggak berdirinya Kabupaten Jepara. Serta nilai keadilan dan kejujuran Ratu Shima dalam menjalankan roda pemerintahan.

Benteng Portugis masuk dalam wilayah yang diyakini dekat dengan pusat pemerintahan Ratu Shima. Juga tak jauh dari lokasi petilasan Ratu Kalinyamat, di Sonder Desa Tulakan, Kecamatan Keling.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.