Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tahun Depan Jepara Akan Luncurkan Mal Pelayanan Publik

0 121

MURIANEWS.com, Jepara – Untuk memberi kemudahan, kecepatan, keterjangkauan dan kenyamanan masyarakat, Pemkab Jepara berencana membuka Mal Pelayanan Publik (MPP). Keberadaan MPP diharapakan juga bisa memberi daya saing global dengan memberi kemudahan membuka usaha.

Kepala Dinas DPMPTSP Jepara Heri Yulianto menyatakan, MPP dibuat sebagai bagian peningkatan kapasitas pelayanan kepada masyarakat. Saat ini sebenarnya sudah ada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang juga melayani berbagai jenis perizinan.

Dengan adanya MPP ini, akan ada lebih banyak lagi jenis pelayanan yang bisa diberikan kepada masyarakat. Selain melibatkan beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah), MPP juga akan melibatkan BUMN, BUMD, Kementerian dan Pemprov Jateng.

“Intinya MPP itu merupakan usaha peningkatan kapasitas dan kualitas dari jenis layanan perizinan yang selama ini ada untuk masyarakat. Jadi pengembangan PTSP yang selama ini sudah ada,” ujar Heri Yulianto, Selasa (13/12/2019).

Nantinya ada beberapa lembaga yang terlibat dalam MPP dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dari PTSP akan ada 11 pelayanan perizinan, Disdukcapil (KTP dan KK), BPKAD (Pajak Bumi dan Bangunan, Restribusi), DLH (Izin Lingkungan, SPPL) dan DPUPR (informasi tata ruang).

Kemudian Diskominfo (PPID), Diskop-UMKM-Nakertrans (Kitas, Kartu Kuning), Dinkes (sertifikat hiegenis), PDAM (rekening), BPJS (Kesehatan, ketanagakerjaan), BPN/ATR, Polri (Perpanjangan SIM, SKCK), Samsat (PKB), KPP Pratama (Pelayanan Pajak) dan Bank Jateng,BPR, BKK.

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan, MPP nantinya akan menempati Gedung OPD Bersama, yang saat ini digunakan untuk PTSP. Saat ini koordinasi dan komunkasi sudah dilakukan dengan berbagai pihak yang terlibat dalam MPP.

Pada awal tahun 2020 akan segera disiapkan sarana dan prasarana MPP. Kemudian pada April 2020 direncanakan MPP sudah bisa operasional.

Beroperasinya MPP diharapkan bisa memberi kemudahan bagi masyarakat. Sehingga untuk beberapa jenis layanan tidak perlu diurus di masing-masing lembaga.

“Dengan dijadikan satu semua jenis pelayanan yang ada diharapkan layanannya bisa menjadi lebih cepat, effisien dan mudah. Kemudian juga akan ada komunikasi dan koordinasi antar OPD yang terkait dalam sebuah layana perijinan. Ada keterikatan emosional jika dalam satu tempat,” terangnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.