Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Minta Potensi Desa di Kudus Digarap Maksimal

0 39

MURIANEWS.com, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus menargetkan potensi di tiap desa di Kabupaten Kudus bisa diangkat secara maksimal pada 2023 mendatang. Semua elemen desa pun diminta untuk bersinergi dalam hal ini.

“Kami targetkan di 2023 potensi-potensi desa ini bisa tergali sepenuhnya,” ucap Plt Bupati Kudus HM Hartopo usai membuka kegiatan Rapat Evaluasi dan Inovasi desa, Selasa (3/12/2019) pagi.

Penggalian potensi dari yang paling kecil hingga yang terbesar pun diharapkan bisa dilakukan semua elemen. Apabila dimungkinkan, pihaknya pun menyarankan dilakukannya studi banding untuk berguru ke desa di kabupaten lain.

“Bisa berguru ke desa-desa yang lebih maju,” ucapnya.

Hanya, instruksinya tersebut harus disesuaikan dengan potensi dan kondisi dari sebuah desa. Mengingat untuk tahun depan, atau pada tahun 2020, pengembangan desa tidak menggunakan anggaran dari APBN. Melainkan dengan menggunakan Dana Desa.

“Untuk tahun depan sudah tidak memakai APBN lagi, karena itulah harus disesuaikan dengan kemampuannya,” lanjutnya.

Untuk evaluasi pelaksanaan inovasi desa di 2019, Hartopo menyebut memang belum sepenuhnya berjalan maksimal. Pengembangan, katanya, memang dilakukan secara bertahap. Hingga menjadi sebuah desa yang representatif. Bahkan menjadi desa wisata.

“Tentunya berjalan secara bertahap untuk prosesnya,” katanya.

Seperti pelaksanaan program satu desa satu bank sampah yang sempat digagas beberapa waktu lalu. Hingga kini baru setengahnya kurang yang telah memiliki bank sampah dan masih berjalan. Kedepan, program tersebut akan dikembangkan kembali.

“Itu bagus, kami akan coba gerakkan kembali, “ terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.