Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sambut Revolusi Industri, SMKN 1 Purwodadi Gelar Ujian Berbasis Android

0 54

MURIANEWS.com, GroboganPelaksanaan penilaian akhir semester (PAS) di SMKN 1 Purwodadi kali ini berbeda dari biasanya karena mulai memanfaatkan teknologi. Di mana, dalam pelaksanaannya cukup menggunakan smartphone berbasis android.

Kepala SMKN 1 Purwodadi Sukamto mengungkapkan, dengan ujian berbasis android, siswa jadi lebih fokus dan termotivasi dalam mengerjakan PAS tersebut. Disamping itu, pelaksanaan ujian lebih efektif dan tidak memunculkan banyak sampah kertas serta membiasakan siswa lebih bijak dalam menggunakan ponselnya.

“Menyambut revolusi industri yang semakin maju, kita harus manfaatkan teknologi. Dengan teknologi ada banyak keuntungan yang kita dapat. Misalnya, hemat biaya dan lebih praktis. Kebetulan, server yang kita miliki sangat memadai untuk menyelenggarakan PAS berbasis android,” jelasnya, Senin (2/11/2019).

Siswa SMKN 1 Purwodadi sedang mengerjakan soal penilaian akhir semester dengan menggunakan ponsel pintar, Senin (2/11/2019). (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Dijelaskan, pelaksanaan PAS semester ganjil itu diterapkan untuk semua siswa yang jumlahnya ada 1.664 orang. Pelaksanaan PAS sudah dimulai sejak 25 November hingga 4 Desember lusa. Bagi siswa yang ponselnya tidak support dengan aplikasi maka mereka bisa mengerjakan soal PAS di laborat komputer.

Dengan ujian berbasis android para guru juga tidak perlu repot lagi untuk melakukan koreksi. Sebab, hasil ujian sudah langsung bisa diketahui begitu siswa sudah meninggalkan ruang ujian.

“Inilah salah satu keunggulan menyelenggarakan ujian berbasis android. Para guru tidak perlu melakukan koreksi terhadap hasil ujian seperti dulu,” sambungnya.

Sukamto menambahkan, pemanfaatan teknologi sebelumnya sudah dilakukan untuk pengumuman kelulusan siswa kelas XII dan pendaftaran siswa baru yang dilaksanakan secara online. Kedepan, pihaknya juga akan menggunakan aplikasi raport elektronik atau E-raport yang bisa diakses oleh orang tua siswa.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.