Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Maling Bawa Kabur 79 Buku Nikah dari Kantor KUA di Sragen, untuk Apa?

0 207

MURIANEWS.com, Sragen – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen dibobol maling. Namun pencuri tak membawa kabur barang-barang berharga, seperti uang ataupun alat elektronik.

Yang menjadi sasaran pencuri adalah buku nikah yang ada di kantor tersebut. Tercatat ada sebanyak 79 buku nikah yang berhasil dibawa kabur.

Aksi pencurian ini diduga terjadi pada Minggu (1/12/2019) dini hari dan baru diketahui oleh penjaga kantor pada esok hari. Kapolsek Ngrampal AKP Agus Irianto membenarkan kejadian pencurian ini.

“Pencuri telah mengambil buku nikah sebanyak 79 lembar. Dari kesemua itu, terdiri dari 25 buku nikah asli, 40 buku nikah duplikat dan 14 buku nikah yang telah di isi oleh staf KUA Kecamatan Ngrampal, “ katanya Senin (2/12/2019).

Sebanyak 25 buku nikah asli yang dibawa kabur mempunyai nomor seri 0869826 hingga 0869850, sementara 40 buku nikah duplikat dengan nomor seri 1885961 hingga 1886000.

Ia menyebut, orang yang kali pertama mengetahui kejadian ini adalah penjaga KUA bernama Suparno, sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu, ia hendak membersihkan kantor melihat pintu bagian belakang sudah rusak.

Suparno kemudian melaporkan peristiwa itu ke kepala KUA dan diteruskan ke Polsek Ngrampal. Polisi langsung menerjunkan tim Inafis untuk melakukan pemeriksaan dan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Saat Suparno masuk kantor, ia melihat pintu belakang kantor rusak. Ada kursi plastik warna biru berada di pinggir tembok yang diduga digunakan pelaku untuk memanjat. Saat dicek lebih dalam oleh petugas, di pintu terlihat ada bekas congkelan,” ujarnya.

Diduga pelaku masuk kantor KUA dengan cara merusak pintu belakang. Setelah berhasil membawa beberapa buku nikah, pelaku keluar melalui pintu yang sama. Saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan kasus ini untuk menangkap pelaku.

Pihak kepolisian juga mengimbau masyarakat yang menemukan buku nikah dengan seri tersebut untuk melapor ke poliusi. Dikhawatirkan pencuri sengaja mencuri buku nikah untuk dijual kepada pasangan tidak sah.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.