Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tarian Kolosal 900 Penari Warnai Peresmian Alun-Alun Pati

MURIANEWS.com, Pati – Tari kolosal yang diperankan oleh 900 penari dari sejumlah sekolah di Pati, mewarnai peresmian Alun-Alun Bumi Mina Tani Pati, Sabtu (30/11/2019) hari ini. Dengan gerak yang lincah, mereka menampilkan pertunjukkan yang spektakuler.

Para peserta yang hadir juga nampak menikmati pementasan tersebut. Apalagi, sebelumnya mereka juga sudah berlatih keras untuk pertunjukan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) belum lama ini.

Konsep tari kolosal tersebut, ternyata mendapatkan respon positif dari Ditjen Kementerian Pendidikan (Kemendikbud). Bahwa gerakan kesenian di Pati benar-benar hidup dengan adanya geberasi muda yang turut meleatarikan seni tari.

Kasi Program dan Evaluasi Ditjen Kesenian Kemendikbud Saidah Rofikoh mengatakan, dalam tari kolosal yang ditampilkan mengandung banyak keragaman. Menurutnya, inilah yang patut menjadi perhatian.

“Kenapa?. Karena keragaman ini mampu mempersatuan dan membentuk sinergitas yang luar biasa,” katanya.

Penampilan salah satu kelompok tari dalam peresemian Alun-Alun Pati. (MURIANEWS.com/Cholis Anwar)

Dia menambahkan, banyak isu-isu yang mengatakan bahwa perbedaan itu bisa menimbulkan perpecahan. Dengan adanya tarian kolosal ini mengajarkan pada masyarakat bahwa budaya mampu mempersatukan.

“Bahwa kita yang ada di sini (Alun-Alun Pati) dapat mengerti dan mampu memahami perbedaan. Dengan tradisi kita mampu bersatu,” terangnya.

Dia juga berpesan, dengan adanya GSMS para peserta didik banyak yang antusias menggeluti kesenian. Ini merupakan kabar gembira lantaran generasi penerus pelestari kebudayaan dan tradisi masih ada.

“Kami sangat apresiatif. Semoga dengan GSMS ini muncul generasi penerus budaya yang unggul,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...