Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jepara Dapat Rp 97,7 Juta dari Denda Peredaran Minuman Keras

0 110

MURIANEWS.com, Jepara – Kendatipun sudah ada Perda Miras yang melarang peredaran minuman keras (miras) sampai 0 persen alkohol, nyatanya di Jepara masih tetap ada. Miras masih leluasa ditemukan di Bumi Kartini ini.

Kepala Satpol PP Jepara Istono mengakui hal ini. Menurutnya peredaran miras atau minuman beralkohol di Jepara, dari waktu ke waktu malah meningkat. Pihaknya bahkan berani memperkirakan kenaikannya hingga 10 persen.

Perkiraan kenaikan  peredaran miras ini menurutnya didasarkan dari banyak jumlah barang sitaan yang berhasil diamankan para petugasnya. Jumlahnya semakin banyak, meskipun sudah sering pihaknya menggelar razia.

“Kenyataannya memang begitu. Kami mendapatkan lebih banyak barang sitaan pada tahun-tahun ini. Dari sini kami simpulkan ada kemungkinan peredaran miras memang meningkat,” ujar Istono, Sabtu (30/11/2019).

Dalam beberapa waktu terakhir, Satpol PP Jepara sudah melakukan pemusnahan miras. Terakhir pada Jumat (29/11/2019) di momentum Hari Korpri, sebanyak 3.106 botol dimusnahkan.

Kemudian juga 206 miras berkemasan kaleng, dan 10 dalam kemasan jeriken. Pemusnahan dilakukan di Alun-Alun Jepara. Sebelumnya pada 12 November lalu juga telah dimusnahakan 3.964 kemasan, di halaman Kantor Kejari Jepara.

Sementara itu, Kabid Penegakan dan Penertiban Satpol-PP Jepara Anwar Sadat mengungkapkan, bahwa sepanjang tahun ini sedikitnya sudah ada 30 terdakwa.

Mereka telah didakwa dengan tindak pidana ringan (tipiring), dan dituntut atas pelanggaran Perda Nomor 2 Tahun 2013, tentang larangan minuman berakohol.

“Denda yang sudah kita storkan sepanjang sidang tipiring 2019, sebanyak Rp 97.750.000,” terangnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.