Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bangkai Kapal Bikin Proses Normalisasi Sungai Juwana Molor

MURIANEWS.com, Pati – Proses penyelesaian normalisasi Sungai Juwana tahap pertama molor. Proyek yang seharusnya rampung pada 8 Desember 2019 itu harus diperpanjang hampir selama dua pekan, yakni hingga 20 Desember 2019.

Penyebabnya, ada sejumlah kendala yang menghambat proses pengerukan endapan sungai tersebut. Salah satunya yang menjadi biang adalah bangkai kapal yang dibiarkan teronggok di sepanjang alur sungai.

Koordinator Lapangan Pengerjaan Normalisasi Sungai Juwana Amir Hadziq Fahmi mengatakan, progres normalisasi saat ini sudah mencapai 85 persen. Namun, diakui memang ada kendala, terutama bangkai kapal yang masih mangkrak di kawasan Sungai Juwana.

“Alasan kami mengajukan perpanjangan, memang karena ada beberapa bangkai kapal yang menghambat pengerukan,” katanya, Jumat (29/11/2019).

Diakui pula, pihaknya terus berkoordinasi dengan Satpol Air Polres Pati untuk masalah kapal tersebut. Beberapa bangkai kapal yang tidak bisa digeser, terpaksa harus dibobongkar.

“Tetapi pembongkaran sudah berdasarkan persetujuan dari pemilik kapal. Beberapa waktu lalu sudah dilakukan pembongkaran oleh petugas,” ujarnya.

Lebih lanjut, untuk dok kapal atau kapal yang belum ada mesinnya, saat ini juga sudah dilakukan penggeseran. Sehingga, proses pengerukan bisa segera dimulai lagi.

Amir mengakui, lokasi yang belum dilakukan pengerukan memang berada di bawah kapal yang mangkrak dan dok kapal. Karena, ketika kapalnya tidak dibongkar ataupun dipindahkan, maka kapal apung tidak bisa menjangkau.

“Kami optimistis, sampai pada 20 Desember nanti, proses normalisasi Sungai Juwana tahap tertama akan selesai,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...