Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Jepara Nanggap Ketoprak, Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

0 48

MURIANEWS.com, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara, baru-baru ini sukses menggelar konser musik. Tidak mau kalah, giliran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jepara akan menggelar pertunjukan kesenian tradisional. Mereka ‘nanggap’ ketoprak untuk warga.

Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko menyatakan, kegiatan ‘Gelar Budaya Pagelaran Ketoprak Kontemporer’ memang akan digelar pihaknya. Rencananya, kegiatan ini akan digeber pada Sabtu (30/11/2019) di lapangan Desa Mindahan, Batealit, Jepara.

Bawaslu Jepara akan menggandeng kelompok ketoprak kondang ‘Wahyu Budoyo’. Sedangkan lakon yang akan dipentaslan adalah “Sejaraning Jombang Balelaning Adipati Pelor Wojo”. Diharapakan masyarat Jepara di sekitaran Batealit bisa terhibur dengan tontonan ini.

Kegiatan pagelaran ketoprak ini menurutnya tidak semata-mata berisi hiburan. Nantinya juga ada bentuk sosialisasi tentang perlunya pengawasan partisipatif dalam proses demokrasi/pemilu. Lakon yang dipentaskan, juga sedikit banyak berisi pesan tentang demokrasi.

“Jadi memang akan ada sisipan-sisipan kegiatan sosialisasi dalam kegiatan ini. Namun pada pagelarannya tentu akan dikemas dalam bentuk seni ketoprak. Mudah-mudahan pesan-pesan itu bisa ditangkap masyarakat,” ujar Sujiantoko, Kamis (28/11/2019).

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dan Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi direncanakan hadir dalam kegiatan ini. Dipilihnya kesenian ketoprak diharapkan bisa memberikan hiburan kepada masyarakat desa yang masih menyukainya.

Selain itu, dengan menampilkan ketoprak, Bawaslu berharap bisa ikut berpartipasi secara langsung untuk ikut melestarikan budaya tradisional. Selama ini ketoprak memang sudah jarang dipentaskan di Jepara.

Sebelumnya, KPU Jepara menggelar konser terima kasih kepada masyarakat Jepara atas sukses pelaksanaan Pemilu yang sudah dilaksanakan. Artis yang tengah naik daun, Tami Aulia diundang manggung di lapangan Pantai Kartini Jepara. Sekitar 7 ribuan penonton menyaksikan pertunjukan ini.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.