Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Final, Ini Jumlah Pelamar CPNS di Kudus

0 1.250

MURIANEWS.com, Kudus – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus mencatat total Pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kudus pada tahun ini berjumlah 8.361 pelamar. Jumlah tersebut terdiri dari 88 pelamar di jalur cumlaude, 10 di jalur disabilitas, dan 8.263 pelamar di jalur umum.

Kabid Pengembangan dan Diklat Pegawai pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus Tulus Triyatmika mengatakan, dari jumlah pelamar tersebut, hingga hari ini (28/11/2019) berkas lamaran yang masuk mencapai 8.159 berkas.

“Hari ini penerimaan berkas terakhir,” katanya, Kamis (28/11/2019).

Jumlah berkas tersebut, lanjutnya, dipastikan masih akan bertambah hingga pukul 23.59 malam nanti. Selanjutnya, pihaknya akan mengebut proses verifikasi berkas hingga pengumuman lolos administrasi pada 16 Desember mendatang.

“Proses verifikasi sudah kami jalankan sejak ada berkas masuk dan terus berlangsung,” lanjutnya.

Dalam sehari, pihaknya bisa mengoreksi hampir 500 berkas pelamar. Dengan jam waktu kerja mulai pagi hari hingga menjelang maghrib. Atau sekitar jam 17.30 WIB. Durasi waktu tersebut, kata Tulus, bisa saja ditambah untuk merampungkan verifikasi berkas sebelum pengumuman.

“Untuk sementara masih menjelang maghrib kami sudahi, jika sudah mepet nanti bisa saja sampai malam,” katanya.

Sementara untuk pengumuman tahap seleksi administrasi, bakal dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan pusat. Yakni pada 16 Desember 2019 mendatang. Sementara terkait teknis pelaksanaan seleksi kopetensi dasar (SKD) hingga saat ini belum jelas. Lokasinya pun belum ditentukan.

“Belum ditentukan, bisa saja di Semarang,” terangnya.

Seperti diketahui, tahapan seleksi CPNS yang dilaksanakan tahun ini adalah pengumuman, pendaftaran dan selesksi administrasi. Sedang tahapan lainnya dilaksanakan pada 2020 mendatang. Yakni computer assisted test (CAT) yang terdiri dari seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Pemkab Kudus sendiri dalam seleksi CPNS 2019 membuka sebanyak 382 formasi. Dengan rincian 314 formasi untuk tenaga pendidik, 20 formasi untuk tenaga kesehatan, dan 48 untuk tenaga teknis.

Sedang untuk anggaran, Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus Eko Djumartono mengatakan, anggaran seleksi penerimaan CPNS 2019 akan dianggarakan bersama dengan seleksi CPNS 2020.

“Pemerintah menganggarakan sebanyak Rp 6 miliar,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.