Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tunjukan KTP Bisa Langsung Bawa Pulang 25 Bibit Pohon dari Kebun BPDAS-HL di Jepara

1 11.365

MURIANEWS.com, Jepara – Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Pemali-Jratun Semarang memiliki kebun bibit di Desa Krasak, Kecamatan Bangsri, Jepara. Institusi di bawah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, ini memproduksi ratusan ribu bibit pohon.

Lokasi kebun bibit BPDAS-HL Pemali-Jratun berada satu kompleks dengan Kebun Bibit Kabupaten Jepara yang berada di bawah kewenangan DLH Jepara. Dalam operasionalnya, kebun bibit ini memiliki cakupan lahan seluas kurang lebih 1 hektare.

Manajer Persemaian Kebun Bibit BPDAS-HL Pemali Jratun, Yulia Dwi Handayani menyebutkan, tahun ini pihaknya menyemaikan 800 ribu bibit yang akan disalurkan ke masyarakat.

Bibit pohon yang disiapkan beragam, dari bibit tanaman keras atau bibit tanaman buah. Semuanya disiapkan untuk masyarakat.

Ada 40 pekerja yang mengurusi kegiatan penyemaian bibit di kebun ini. Lahan yang digunakan memang meminjam Pemkab Jepara. Seperti halnya kebun bibit milik Pemkab Jepara, pihaknya juga menyediakan bibit gratis untuk masyarakat yang membutuhkannya.

“Kegiatan kami sama dengan yang dilakukan oleh kawan-kawan di Pemkab Jepara. Menyediakan bibit untuk kepentingan rehabilitasi atau reboisasi lahan-lahan kritis. Terutama tentu saja di wilayah daerah aliran sungai (DAS),” ujar Yulia Dwi Handayani, Kamis (28/11/2019).

Masyarakat se-Jawa Tengah dipersilahkan untuk bisa memperoleh bibit dari kebun ini secara gratis, selagi masih tersedia.

Baca: Warga Jepara Bisa Minta Bibit Pohon Gratis di Kebun Ini

Syaratnya cukup menunjukan KTP untuk permohonan secara perorangan. Sedangkan untuk lembaga bisa mengajukan permohanan resmi, dengan menyebutkan jumlah bibit yang dibutuhkan.

“Cukup dengan menunjukan KTP, masyarakat bisa langsung mendapatkan 25 batang bibit tanaman. Kalau kelompok atau lembaga silahkan mengajukan permohonan ke kepala BPDAS, dan bisa mendapatkan bibit tanaman dengan jumlah menyesuaikan,” tambah Yulia Dwi Handayani.

Ada beberapa jenis bibit tanaman yang disiapkan di kebun ini. Di antaranya trembesi, sengon laut, jati, mahoni, durian, nangka, rambutan dan beberapa jenis bibit lainnya.

Masyarakat yang membutuhkan bibit tanaman bisa memanfaatkan keberadaan kebun penyemaian bibit ini.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

  1. Darsono berkata

    Alamat lengkapnya dimana ya…?
    saya dari Blora butuh bibit untuk reboisasi dan penghijauan…

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.