Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Petugas Damkar Kudus Banjir Laporan Sarang Tawon Vespa

MURIANEWS.com, Kudus – Petugas pemadam kebakaran Satpol PP Kabupaten Kudus mengaku belakangan ini sering mendapatkan laporan warga adanya sarong tawon jenis vespa affinis atau tawon ndas di Kota Kretek. Dalam sehari, bisa mencapai tiga laporan terkait dengan keberadaan sarang tawon.

“Dalam sehari bisanya ada tiga laporan warga, tapi kadang kala juga sepi. Cuman dalam bulan ini meningkat,” jelas Komandan Regu Unit Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kudus Sofyan Noor.

Ia mengatakan, berdasarkan catatannya selama bulan November 2019 hingga hari ini (28/11/2019) sudah ada belasan laporan. Tepatnya ada sekitar 15 laporan warga terkait tentang keberadaan tawon endas ini.

“Setiap laporan langsung kami lakukan evakuasi,” lanjutnya.

Beberapa tawon Vespa atau tawon endhas yang mati saat proses evakuasi dari rumah warga. (MURIANEWS.com/Dian Utoro Aji)

Dari sekian laporan, mayoritas keberadaan tawon berada di permukiman warga. Keberadaan sarang tawon vespa ini berada di atap rumah-rumah milik warga.

“Kebanyakan tawon vespa tersebut berada di permukiman warga. Sehingga ketika dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan akan menyengat warga sekitar,” jelasnya.

Baca Juga: 

Ia menambahkan, hingga kini belum ada korban jiwa akibat tersengat tawon vespa di Kudus. Meskipun demikian, pihaknya mengimbau agar masyarakat untuk penanganan sejak dini.

“Misalnya ada sarang tawon yang masih sedikit atau kecil untukm segera dievakuasi. Sehingga keberadaan sarang tawon itu tidak bertambah besar dan banyak,” ungkapnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...