Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cegah Bencana Longsor dan Kekeringan, BPBD Grobogan Tanam Ribuan Pohon

MURIANEWS.com, Grobogan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan terus melakukan upaya pencegahan longsor dan kekeringan. Salah satunya dengan melangsungkan penananam ribuan pohon di Desa Kronggen, Kecamatan Brati, Rabu (27/11/2019). Acara penanaman pohon dihadiri Bupati Grobogan Sri Sumarni, kepala OPD dan pihak Perhutani KPH Purwodadi.

Kepala BPBD Endang Sulistyoningsih mengungkapkan, penamanan pohon ditempatkan di kawasan hutan petak 67C, BKPH Jatipohon di Desa Kronggen, Kecamatan Brati. Sebelum penanaman pohon dilangsungkan kegiatan sarasehan di Balai Desa Kronggen.

“Jumlah yang kita tanam ada 1.500 pohon. Terdiri dari jenis beringin, kayu putih, dan jati. Penyelenggaraan sarasehan dan penanaman pohon ini merupakan tindak lanjut dari koordinasi yang sudah kita lakukan dengan pihak Perhutani dan masyarakat Desa Krongen,” jelasnya.

Menurut Endang, kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tujuan. Antara lain, sebagai upaya konservasi untuk pencegahan dini bencana alam dalam jangka panjang serta kesiapsiagaan, agar bencana kekeringan dan tanah longsor dapat dicegah.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya perkuatan kapasitas pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana sehingga dapat terwujud Grobogan yang tangguh bencana, serta mampu meminimalkan resiko bencana,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...