Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ekspor Furnitur Kayu dari Jepara Naik 10,65 Persen

0 136

MURIANEWS.com, Jepara – Kinerja ekspor furnitur kayu Jepara 2018 mencapai lebih dari US$179 juta atau naik 7,3 persen, dibanding tahun sebelumnya. Pada Tahun 2017 capaiannya hanya US$ 166,8 juta.

Kepala Disperindag Jepara Ratib Zaini optimis, pada akhir tahun 2019 ini akan bisa dicatat sebuah kenaikan pada capaian kinerja ekspor fernitur kayu.

Saat ini komuditas kayu, digeluti 386 eksportir. Pada  semester pertama tahun ini telah mencapai nilai sebanyak US$ 98,7 juta.

Sejauh ini, secara kumulatif pada periode Januari hingga Juni 2019 ini, nilai ekspor telah mencapai US$ 187,8 juta, atau meningkat 10,65 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Sehingga bisa dipastikan, sampai akhir tahun ini, capaian ekspor furnitur Jepara mengalami peningkatan.

Alhamdulillah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Tahun ini secara kumulatif dari Januari hingga Juni saja sudah ada kenaikan 10,65 persen,” ujar Ratib Zaini, Rabu (27/11/2019).

Kenaikan yang sama juga terjadi atas ekspor produk garmen dan sepatu, yang mencapai US$150,3 juta, atau naik 86,4 persen, dari US$80,6 juta tahun lalu.

Selanjutnya disusul komoditas kayu olahan yang ikut tumbuh sejak tahun lalu, yakni naik sebesar 45,5 persen. Dari US$ 5,5 juta pada 2018 menjadi menjadi US$8 juta tahun 2019.

Disperindag Jepara pada Rabu (27/11/2019) menggelar kegiatan Sarasehan ’Pengembangan  Ekspor-Impor Bagi Pelaku Usaha di Jepara”. Sebanyak 80 pelaku ekspor di Kabupaten Jepara, dari berbagai komuditas hadir dalam kegiatan yang digelar di Pendapa Kabupaten Jepara.

Sarasehan tersebut menghadirkan beberapa narasumber berkompeten, baik dari KLHK-RI maupun dari Kantor Bea Cukai Kudus. Kemudian juga ada pemaparan mengenai SVLK bagi pengusaha mebel di Jepara.

Di samping menyampaikan materi teknis kegiatan ini juga melakukan jajak pendapat, untuk mendapatkan masukan dan menemukan solusi atas hambatan yang dirasakan eksportir di Jepara.

Sementara itu, Asisten II Sekda Jepara Mulyaji menyebut, kontribusi ekspor juga dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi daerah. Untuk itu menurutnya, sinergitas menjadi sebuah syarat mutlak demi mewujudkan Jepara yang lebih sejahtera.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.