Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Jepara Bisa Minta Bibit Pohon Gratis di Kebun Ini

0 1.281

MURIANEWS.com, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara memiliki fasilitas pembibitan di Desa Krasak, Kecamatan Bangsri. Di kawasan seluas 1,8 hektare ini, sepanjang tahun dilakukan pembibitan.

Beberapa jenis tanaman ada di sini. Rata-rata merupakan bibit tanaman pohon keras dan buah. Masyarakat yang membutuhkan bibit untuk penghijauan pun dapat memintanya secara gratis di tempat ini.

Mustam, salah satu pegawai di Kebun Bibit Dinas Kabupaten Jepara, menyebutkan aktivitas pembibitan sudah dilakukan sejak 2009. Saat ini ada dua kegiatan yang dilaksanakan masing-masing oleh Pemkab Jepara dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Pemali Jratun Semarang.

Pemkab Jepara menggunakan lahan seluas 0,8 hektare, sementara pihak BPDAS-HL Pemali Jratus Semarang dengan kegiatan yang sama menggunakan lahan seluas 1 hektare. Di kebun ini sepanjang tahun dilakukan kegiatan pembibitan.

“Kami biasa melakukan kegiatan pembenihan, penyemaian hingga perawatan bibit. Jumlahnya ratusan ribu bibit untuk memenuhi kebutuhan bibit,” ujar Mustam, Rabu (27/11/2019).

Di Kebun Bibit yang dikelola Pemkab Jepara memiliki enam orang THL (Tenaga Harian Lepas) dan 12 orang TM (Tenaga Musiman). Tenaga musiman biasanya dibutuhkan pada awal-awal pembuatan bibit. Selebihnya pada saat perawatan bibit ditangani beberapa orang pegawai.

Sedangkan di kebun yang dikelola oleh BPDAS-HL Pemali Jratun Semarang, jumlah pegelolanya mencapai 40 orang.

Kepala DLH Jepara, Farika Elida menyebutkan, secara organisasi Kebun Bibit berada di bawah DLH sejak 2017.

Sebelumnya kebun ini dikelola oleh Dishutbun (Dinas Kehutanan dan Perkebunan). Perubahan SOTK (Stuktur Organisasi Tata Kerja) membuat pengelolaannya dialihkan ke DLH.

Bibit yang diproduksi di fasilitas ini semuanya disediakan untuk kepentingan masyarakat. Bahkan siapapun bisa mengambil bibit yang diproduksi secara gratis, dengan menyampaikan permohonan ke DLH.

“Silahkan jika ada yang membutuhkan bibit tanaman. Masyarakat Jepara semua bisa mendapatkannya secara gratis. Sampaikan permohonan kepada kami,” terangnya.

Baca: Tunjukan KTP Bisa Langsung Bawa Pulang 25 Bibit Pohon dari Kebun BPDAS-HL di Jepara

Sementara itu, Manajer Persemaian Kebun Bibit Jepara dari BPDAS-HL Pemali Jratun Yulia Dwi Handayani menyatakan, bibit bisa didapatkan secara gratis oleh perseorangan maupun kelompok yang akan melakukan penghijauan.

“Kami melayani permintaan bibit gratis mulai Senin sampai Kamis di jam kerja. Bisa langsung datang ke tempat kami,” terangnya, Kamis (28/11/2019).

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

 

Catatan: Ada penambahan dan perbaikan dalam artikel berita ini pada Kamis (28/11/2019). Sebelumnya disebutkan pengelola kebun persemaian adalah DLH Jepara dan Pemprov Jateng, yang benar adalah DLH Jepara dan BPDAS-HL Pemali Jratun Semarang. Selain itu juga ada tambahan keterangan dari Manajer Persemaian Kebun Pembibitan Jepara Yulia Dwi Handayani.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.