Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Plt Bupati Kudus Resmikan PAUD Terpadu Berbasis Bermain di Kalirejo Undaan

0 147

MURIANEWS.com, Kudus – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Kalirejo yang terletak di Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan diresmikan Plt Bupati Kudus HM Hartopo, Rabu (27/11/2019). PAUD Terpadu Kalirejo tersebut sebagai tanda untuk memulai sebuah inovasi dalam pengembangan proses pembelajaran bagi anak-aak usia dini dan juga untuk menyongsong pesatnya revolusi industri 4.0.

Kepala Sekolah Tempat Bermain PAUD Terpadu Kalirejo Sumiyati mengatakan, sekolah ini adalah salah satu PAUD di Kabupaten Kudus yang telah menerapkan praktek inovatif pembelajaran yang berbasis bermain atau play based learning. Hal ini guna untuk mencetak generasi abad 21.

“Program sekolah kami menekankan inovasi pembelajaran berbasi bermain agar anak-anak usia dini dari Desa Kalirejo dan sekitarnya dapat mengembangkan keterampilan abad 21,” ujarnya.

Ia mengatakan, para murid akan diajak berkebun dan berternak hingga berjualan di pasar. Hal ini bertujuan untuk membantu murid mengeksplorasi lingkungan. Selain itu juga mengembangkan keinginan tahuan serta meningkatkan beragam ketrampilan.

“Guru kami juga sudah mampu melakukan penelitian yang membuktikan bahwa di PAUD kami berbasis bermain dengan permainan lokal dan bahan sederhana,” jelasnya.

Ia menambahkan, sekolah ini sebenarnya sudah beroperasi sejak lama. Tepatnya lebih dari tiga dasawarsa. Sekolah ini berkembang pesat selama 2,5 tahun terakhir. Oleh karena itu, ia berharap dapat mengembangkan inovasi dan kompetensi murid dan guru dengan fokus pembelajaran berbasi bermain.

Program Manager Bakti Pendidikan Foundation Felicia Hanito mengatakan, hari ini kegiatan berupa peresmian tempat bermain. Yakni konsep yang diterapkan adalah pembelajaran berbasis bermain. Di gedung sekolah ini adalah tempat bermain dan belajar sehari-hari.

“Kenapa penting ini karena tidak hanya cukup dengan pengetahuan saja. Tapi banyak potensi melalui bermain yang perlu ditumbuhkan untuk anak-anak usia dini,” katanya.

Sementara itu, Plt Bupati Kudus HM Hartopo memberikan apresiasi terhadap peresmian PAUD Terpadu di Desa Kalirejo. Apalagi, PAUD tersebut menerapkan konsep pembelajaran dengan berbasis bermain.

“Melalui konsep ini diharapka anak punya menjadi lebih kreativitas. Karena membimbing anak perlu edukasi,” ungkapnya.

Dengan demikian, Hartopo berharap di Kudus benar-benar menjadi Kabupaten yang modern, religius, cerdas, dan sejahtera.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.