Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Biar Tidak Jadi Biang Banjir, Drainase di Kawasan Kota Purwodadi Dibenahi

MURIANEWS.com, Grobogan – Upaya pembenahan saluran drainase di kawasan kota Purwodadi mulai dilakukan  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Grobogan. Pembenahan ini dilakukan menindaklanjuti sorotan berbagai pihak terkait kondisi drainase yang dinilai jadi biang banjir saat turun hujan deras dalam waktu lama.

Kabid Peningkatan Jalan dan Jembatan DPUPR Grobogan Erry Subagyo mengatakan, ada beberapa titik drainase yang dibenahi. Antara lain, di kawasan perempatan bekas bioskop Kencana dan jalan Kartini.

“Setelah dicek, ternyata terdapat sumbatan pada ruas saluran di perempatan Kencana. Kemudian, saluran di ruas jalan Kartini ada yang terhalang bangunan. Dari pemilik bangunan sudah sanggup membongkar bangunan itu,” jelasnya.

Erry menjelaskan, beberapa saluran drainase di perkotaan mulai ditata sejak beberapa tahun terakhir. Selain itu, sejumlah proyek pembangunan taman di kawasan perkotaan juga diintegrasikan dengan penataan jaringan drainase yang ada di sekitarnya. Seperti, Taman Segi Tiga Emas, jalan R Soeprapto, dan jalan A Yani yang nantinya akan menyambung dan dibuang ke arah barat.

Kemudian, untuk mengatasi genangan di sisi utara alun-alun saat hujan deras, pihaknya akan membuka jaringan di ruas jalan KS Tubun dan jalan Pemuda. Jaringan tersebut nantinya akan di arahkan ke utara menuju sungai Lusi.

“Untuk drainase di kawasan simpanglima nantinya akan diarahkan ke sungai Glugu. Sedangkan drainase di jalan Dr Soetomo nantinya akan dibuat dari barat ke timur supaya tidak ada genangan,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...