Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Stok Air Baku Menipis, PDAM Pati Berikan Layanan Bergilir

MURIANEWS.com, Pati – Sebagian warga di wilayah Kecamatan Juwana, dan Batangan mengeluhkan sistem layanan bergilir untuk mendapatkan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bening Pati. Pasalnya, terkadang ada warga yang tidak kebagihan air.

Hal ini diakui sendiri oleh pihak PDAM Tirta Bening Pati. Pasalnya, untuk stok air baku di PDAM juga sudah menipis. Sementara jumlah pelanggan terus mengalami peningkatan.

“Karena itu, sistenm pengalirannya kami gilir, agar nantinya bisa merata,” kata Direktur Teknik PDAM Tirta Benjng I Gede Suardana, Senin (25/11/2019).

Dia menyebut, stok air baku menipis lantaran daerah Pati mengalami kemarau panjang. Sehingga wilayah sungai yang menjadi kantong pengambilan air baku PDAM semakin berkurang.

“Sampai akhir November ini kan masih kemarau. Kalau hujan sudah datang, nanti pasokan air juga akan bertambah,” terangnya.

Untuk mengatasi hal itu, saat ini pihaknya juga tengah menyiapkan pasokan air untuk jangka panjang. Bahkan pengeboran sumur dalam pun sudah dilakukan di wilayah Kecamatan Trangkil.

“Itu nantinya untuk wilayah Kecamatan Juwana. Jadi ada yang kebutuhan mendesak, ada yang jangka panjang. Semuanya mulai kami persiapkan,” imbuhnya.

Dirinya berharap, dalam waktu dekat hujan bisa segera datang. Sehingga untuk kebutuhan air masyarakat dapat terpenuhi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...