Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dua Panitia PTSL Alasdowo Pati Keciduk Pungli, 1.349 Sertifikat Langsung dibagikan

MURIANEWS.com, Pati – Setelah dua panitia Pendaftaran Tanah Sitematis Lengkap (PTSL) di Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Pati, dibekuk Polda Jateng lantaran kasus pungli, kini  Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pati langsung membagian sertifikat secara massal untuk warga di desa itu.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 1349 sertifikat yang diajukan oleh warga Alasdowo langsung dibagian, Senin (25/11/2019).

Kepala BPN Pati Yoyok Hadimulyo Anwar mengatakan, pembagian secara massal ini sudah dilakukam di lima desa. Kemudian hari ini, karena pesertanya banyak, pihaknya membagikan di Desa Alasdowo.

“Antusias masyarakat sangat bagus. Karena mereka hari ini mendapatkan sertifikat tanah,” katanya.

Ketika disinggung terkait dua panitia PTSL Desa Alasdowo yang terciduk pungli, pihaknya mengaku tidak tahu. Lantaran itu bukan wilayah dan wewenangnya.

“Wah, kalau itu (pungli PTSL) bukan ranah kami. Kami hadiri di sini ini adalah untuk melayani masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut, dalam regulasi yang ada, memang proses terbitnya sertifikat PTSL ini dibiayai oleh APBN. Seperti pengukuran, kepanitiaan dan pendaftaran. Namun, ada beberapa hal yang ditanggung oleh peserta, seperti membuat patok dan pembelian materai.

“Apabila sudah dialihkan (kepemilikannya), harus dengan akta,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto menambahkan, BPN dan pemda dalam hal ini adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya PTSL ini, masyarakat merasa terbantu.

“Karena kalau pendaftaran reguler, biayanya mahal. Tetapi dengan PTSL ini masyarakat sangat terbantu,” pungkasnya.

Baca: Polda Jebloskan Dua Pelaku Pungli PTSL di Alasdowo Pati ke Penjara

Sebelumnya diberitakan,  dua pelaku pungli program PTSL berinsial SB dan NG dibekuk jajaran Ditreskrimum Polda Jateng. Pelaku diduga telah melakukan pungli program ini di Desa Alasdowo Kabupaten Pati.

Para pelaku melakukan aksi punglinya untuk program PTSL tahun 2019. Dirreskriumum Polda Jateng Kombes Pol Budi Haryanto mengatakan, setidaknya ada 1.300 lebih warga yang mengiktui program PTSL di desa itu. Semuanya ditarik biaya sebesar Rp 600 ribu. Polisi mengamankan uang sebesar Rp 440 juta dari keduanya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...