Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polres Sukoharjo Tangkap Pengedar Obat Aborsi dan Pemakai Narkoba

0 98

MURIANEWS.com, Sukoharjo – Polres Sukoharjo menyatakan perang terhadap peredaran narkoba di wilayah hukumnya. Ini dibuktikan dengan pengungkapan sejumlah kasus penyalahgunaan barang haram tersebut.

Catatan Polres Sukoharjo, dalam kurun waktu satu bulan terakhir, Satuan Reserse Narkoba Polres Sukoharjo berhasil menangkap enam pelaku beserta barang bukti. Mereka terdiri dari pengedar dan pemakai narkoba.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan, enam pelaku itu terjerat dalam tiga kasus.

“Kami dari awal sudah berkomitmen untuk memerangi narkoba, baik itu pengguna pengedar atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Terbukti dalam satu bulan ini kita berhasil menangkap enam pelaku,” katanya Senin (25/11/2019).

Ia menyatakan, dari enam pelaku itu, dua di antaranya tak hanya sebagai pengedar dan pemakai narkoba melainkan juga pengedar obat penggugur kandungan. Inisialnya yakni ME dan AND.

”Keduanya kedapatan memiliki narkoba jenis sabu dan ganja. Serta mengedarkan obat penggugur kandungan ilegal,” ujarnya.

Menurutnya, pelaku mengedarkan obat penggugur kandungan secara online. Untuk pengantaranya pelaku meletakan obat tersebut di suatu tempat yang sudah disepakati oleh pembeli. Namun obat yang digunakan oleh pelaku adalah obat untuk pereda sakit maag.

“Pelaku meraciknya sendiri berbekal pengalamanya dulu bekerja di farmasi,” jelas Kapolres.

Pelaku mengaku dalam setiap kali penujualanya bisa meraup untung sebesar Rp 200 ribu hinga Rp 300 ribu. Akibatnya pelaku disangkakan melanggar primair pasal 114 ayat (1) Jo pasal 132 (1) dan atau pasal 111 (1) dan atau pasal 112 ayat (1) ko pasal 132 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan.

Sementara empat tersangka lain yakni HFD, MRI, ISM dan NDU ditangkap karena terbukti sebagai pengguna narkoba dan memiliki narkoba jenis sabu.

Saat ini menurutnya, pihaknya tengah mengembangkan kasus-kasus tersebut. Terutama untuk memburu bandar besar jaringan narkoba yang beraksi di wilayah Sukoharjo.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.