Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengembangan Wisata Mina Mangrove Tunggulsari Pati Butuh Rp 50 Miliar

Ucapan Pelantikan Bupati Jepara Pemkab PC
0 768
Ucapan Pelantikan Bupati Kodim Jepara PC

MURIANEWS.com, Pati – Objek wisata Mina Mangrove di Desa Tunggulsari, Kecamatan Tayu, Pati, Sabtu (23/11/2019) hari ini baru saja diresmikan oleh Bupati Pati Haryanto sebagai desa wisata. Pihak pemerintah desa maupun pengelola juga sudah membuat Detail Engineering Design (DED) yang sudah tersebar di media sosial.

Tak tanggung-tanggung, dalam DED tersebut wisata pantai yang awalnya biasa saja itu akan disulap menjadi luar biasa. Namun, butuh dana sekitar Rp 50 miliar untuk pengembangan objek wisata tersebut.

Kepala Desa Tunggulsari Jarot Supriyanto mengatakan, DED memang sudah dibuat dan membutuhkan dana yang cukup besar. Karena, pembangunanya nanti akan dimulai dari pintu masuk objek wisata.

“Tidak kalah penting, nanti juga akan kami bangun fasilitas seperti gedung pertemuan dan fasilitas lain untuk pariwisata,” katanya, Sabtu (23/11/2019).

Maket pengembangan Mina Mangrove Pati. (MURIANEWS.com/Istimewa)

Dia menambahkan, untuk mendapatkan dana Rp 50 miliar sendiri, pihaknya masih dalam proses pencarian. Namun, dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diakuinya sudah menerima proposal permintaan dana untuk pengembangan Mina Mangrove.

“Tahun depan, insya Allah dari pemprov akan membantu sebanyak Rp 500 juta. Ini nanti akan kami gunakan sebagai langkah awal untuk penhembangan Mina Mangrove,” terangnya.

Menurutnya, DED yang sudah terbuat itu adalah mimpi para pengelola Mina Mangrove. Meski demikian, pihaknya akan terus berupaya untuk merealisasikan DED itu.

“Kalau rentan waktunya, kira-kira butuh waktu enam tahun untuk sesuai dengan DED. Karena nanti ada pembuatan dermaga juga,” jelas Jarot.

Baca: Punya Hutan Mangrove Eksotis, Tunggulsari Pati Ditetapkan Jadi Desa Wisata

Dia mengaku, untuk mendapatkan dana Rp 50 miliar tersebut, memang belum ada gambaran secara pasti. Mengingat, nominal tidaklah sedikit.

“Tetapi kami optimis akan tercapai. Nanti bisa mengajukan proposal ke pemerintah pusat, provinsi dan lain sebagainya. Kita tetap optimis,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Pelantikan Bupati Jepara Banner PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.