Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tekan Angka Stunting, BPOM Semarang Awasi Peredaran Pangan Berfortifikasi

Ucapan Pelantikan Bupati Jepara Pemkab PC
0 70
Ucapan Pelantikan Bupati Kodim Jepara PC

MURIANEWS.com, Pati – Sebagai upaya untuk mendukung gerakan pemerintah dalam menekan angka stunting, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Semarang rutin melakukan pengawasan terhadap pangan yang berfortifikasi atau pangan dengan tambahan gizi.

Kepala BPOM Semarang Safriansyah saat berkunjung ke Pati mengatakan, peran BPOM dalam pencegahan stunting memang terfokus pada pengawasan peredaran makanan berfortifikasi. Di mana pangan tersebut memang dikonsumsi masyarakat untuk mencegah stunting.

“Pangan yang diberi fortifikasi itu contohnya garam beryodium. Di mana yodium ini adalah zat gizi mikro yang memang diperlukan untuk pertumbuhan,” katanya.

Lebih lanjut, akibat kekurangan yodium itu, bisa juga menyebabkan stunting. Sehingga peredaran pangan berfortifikasi ini sangat penting untuk diawasi.

Bahkan pengawasan garam beryodium juga dilakukan di pasar-pasar. Sehingga, ketika masyarakat membeli garam, dipastikan kadar yodiumnya sudah 30 ppm.

Produk berfortifikasi lainnya adalah tepung terigu. Menurutnya, produk tepung terigu diberi zat gizi tambahan berupa zat besi, vitamin B2, B6, dan B12.

“Kita awasi selama ini, tepung yang beredar kita lihat masih memenuhi syarat kandungan fortifikasinya. Artinya, kalau masyarakat membeli tepung terigu yang bermerek dan berizin, mereka akan mendapatkan zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan,” jelasnya.

Selain itu, ada juga minyak goreng yang saat ini ditambah vitamin A untuk membantu pertumbuhan. Hanya, sifatnya masih belum diwajibkan. Sehingga fortifikasinya masih suka rela.

“Tapi yang di pasaran umumnya sudah mengandung vitamin A. Ini tujuannya ya semua diarahkan untuk mendukung percepatan pencegahan stunting,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Pelantikan Bupati Jepara Banner PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.