Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPOM Ajak Warga Pati Teliti Sebelum Beli Makanan Kemasan

MURIANEWS.com, Pati – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang mengajak warga Pati agar mengonsumsi makanan yang aman. Hal itu agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan dari makanan.

Kepala BPOM Semarang Safriansyah mengatakan, makanan yang aman adalah yang layak konsumsi dan proses perizinannya sudah sesuai. Selain itu tidak sudah kedaluwarsa.

Dia menyebut, sebelum membeli makanan, usahakan untuk mengecek kemasan. Selain itu juga bisa mengecek label, izin edar dan tanggal kedaluwarsanya.

“Kalau kemasan rusak atau sobek, ada gelembungnya, penyok, jangan dibeli. Kemasan kaleng yang bergelumbung biasanya disebakan oleh bakteri. Jangan dibeli, kalau perlu laporkan ke BPOM,” katanya dalam acara Peduli Pangan Yang Aman Dari Berbahaya di Saptornggo Baru, Jumat (22/11/2019).

Lebih lanjut, makanan yang seperti itu juga membahayakan kesehatan. Sehingga, apabila dikonsumsi juga akan berakibat buruk.

“Ada banyak makanan yang mengandung formalin maupun bahan pengawet lainnya. Sehingga, masyarakat harus pintar-pintar memilih makanan,” tutupnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI Imam Suroso mengatakan, pemilahan makanan yang aman tentunya harus diketahui oleh masyarakat. Hal itu bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat dan makanan yang sehat.

“Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) saya pikir sangat tepat. Sehingga masyarakat bisa membudayakan germas iki,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...