Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Terbukti Melanggar Kode Etik, DKPP Pecat Anggota Bawaslu Grobogan

0 176

MURIANEWS.com, GroboganDewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap terhadap Anggota Bawaslu Grobogan Moch Sohibul Mujib Al Anshori. Sanksi tersebut diberikan setelah yang bersangkutan terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara Pemilu.

Sanksi tersebut dituangkan dalam putusan DKPP nomor : 271-PKE-DKPP/VIII/2019. Dalam putusan ini, pihak DKPP memutuskan mengabulkan pengaduan para pengadu untuk seluruhnya. Kemudian, menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Moch Sohibul Mujib Al Anshori sebagai anggota Bawaslu Grobogan.

DKPP juga memerintahkan Bawaslu RI untuk melaksanakan putusan tersebut paling lama tujuh hari sejak dibacakan. Terakhir, DKPP memerintahkan Bawaslu RI untuk mengawasi pelaksanaan putusan tersebut.

Seperti diketahui, Moch Sohibul Mujib Al Anshori sebelumnya sempat diadukan ke Bawaslu Provinsi dan DKPP pada bulan Agustus lalu. Pengaduan itu dilakukan setelah yang bersangkutan kedapatan sedang berduaan dengan seorang perempuan bukan istrinya di sebuah kamar hotel di Grobogan, pada akhir Juli 2019. Pengaduan disampaikan oleh Agus Purnama dan Moh Syahirul Alim yang keduanya merupakan komisioner Bawaslu Grobogan.

Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti saat dikonfirmasi membenarkan jika salah satu komisionernya tersebut mendapat sanksi pemberhentian tetap dari DKPP. Putusan tersebut dikeluarkan dalam sidang DKPP yang dilangsungkan Rabu (20/11/2019) kemarin. Menurutnya, pihak teradu dan salah satu pengadu juga hadir dalam sidang tersebut,

“Iya, kemarin sudah ada putusan dari DKPP terkait masalah itu. Untuk salinan putusannya juga bisa didownload dari website DKPP. Nanti, dari pihak Bawaslu RI yang akan menindalkanjuti putusan DKPP tersebut,” katanya, Jumat (22/11/2019).

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.