Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan ASN Kementerian PUPR Ikuti Ujian Penyesuaian Ijazah

0 66

MURIANEWS.com, Bandung – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meningkatkan kemampuan aparaturnya untuk meningkatkan kontribusi dalam penyelenggarana infrastruktur di negeri ini. Ratusan ASN mengikuti ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah (KPPI) dan ujian dinas yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) PUPR.

Kegiatan ini digelar di dua Bandung dan Makassar 21 – 22 November 2019. Kepala Bagian Pembinaan Pegawai Biro Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana, Setjen PUPR, Dewa Aji Ariwanto mengatakan, jumlah pendaftar mencapai ratusan orang.

Yakni 2291 pendaftar untuk ujian KPPI dan 125 orang untuk ujian dinas. Namun dari hasil seleksi administrasi, tidak semuanya bisa lolos.

“Setelah verifikasi administrasi terdapat 161 peserta yang lolos administrasi ujian KPPI serta 125 peserta yang lolos administrasi ujian dinas,” katanya dalam siaran pers yang diterima MURIANEWS.com, Jumat (22/11/2019).

Ia menyatakan, ujian ini digelar untuk meningkatkan kompetensi insan PUPR. Apalagi menurutnya, sebagai instansi pemerintah yang bertugas membangun infrastuktur, PUPR harus didukung SDM yang kompeten, termasuk kesesuaian kualifikasi pendidikan.

“Tujuannya untuk memastikan pendidikan yang sudah diperoleh para pegawai akan berkorelasi dengan meningkatnya kompetensinya. Sehingga layak untuk mendapatkan peningkatan penugasan sekaligus menaikkan pangkat dan golongan sesuai jenjangnya,” katanya.

Sementara untuk Ujian Dinas dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para pegawai, yang meskipun memiliki kemampuan sebagai Penata, namun pangkat golongannya masih II/d, dapat dinaikkan pangkat dan golongannya menjadi III/a.

“Adapun materi yang diujikan, meliputi tes kemampuan dasar untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Lalu Tes kemampuan yang terdiri dari Wawasan Kebangsaan, Intelegensi Umum, dan Karakteristik Pribadi,” terangnya.

Selain itu juga ada Tes Kemampuan Bidang yang mengukur kemampuan dan keterampilan peserta ujian yang berkaitan dengan kompetensi jabatan atau pekerjaan dan pendidikan. “Serta Tes Substantif yang berhubungan dengan tugas dan fungsi Kementerian PUPR,” imbuhnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.