Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PWI Rekomendasikan KPU Pati Digitalisasi Dokumen Pemilu

0 66

MURIANEWS.com, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati bersama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati menggelar audiensi Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Sekretariat PWI setempat, Kamis (21/11/2019).

Dalam audiensi tersebut, PWI Pati memberikan rekomendasi kepada KPU agar ada digitalisasi dokumen pemilu. Mengingat, dalam beberap proses pemilihan, Pati sering kali menjadi sorotan nasional.

Tentunya, ada banyak pihak yang hendak meneliti keunikan proses pemilu maupun pilkada di Pati. Sehingga, dokumen pemilu itu perlu untuk didigitalisasi agar lebih mudah diakses secara online.

“Kalau sudah berbentuk digital, tentunya semua orang bisa mengakses dan lebih mudah untuk dipelajari. Apalagi, program RPP itu di dalamnnya juga memuat dokumen-dokumen kepemiluan,” kata M Noor Effendi, Ketua PWI Pati.

Menurutnya, di era teknologi yang semakin maju ini, pola digitalisasi dokumen pemilu itu penting. Karena pada intinya, RPP adalah memberikan informasi kepada masyarakat terkait proses pemilu yang berlangsung selama ini.

Sementara itu, Komisioner KPU Pati Haryono mengatakan, proses digitalisasi itu membutuhkan perangkat elektonik dan sumberdaya manusia.

Untuk perangkat elektronik, semuanya sudah siap. Hanya saja, untuk SDM yang konsen terkait digitalisasi itu masih terus diupayakan.

“Kami merespon baik usulan PWI ini. Karena saat ini memang sudah eranya digital, KPU juga sebisa mungkin menyusul era itu,” terangnya.

Dia menambahkan, RPP sendiri sebenarnya tidak hanya menyediakan informasi terkait pemilu, tetapi juga sebagai wisata edukasi. Bahkan tidak sedikit para siswa yang sudah belajar banyak hal di RPP tersebut.

“Konsep yang diciptakan yaitu bagaimana KPU dan anak didik terutama pemilih pemula, mau membaca buku yang tersedia dan menggali informasi terkait pemilu,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.