Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kemendesa Alokasikan Rp 1,4 Miliar untuk Pengembangan Agribisnis Ayam Joper di Brabowan Blora

0 94

MURIANEWS.com, BloraKementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) mengucurkan dana sebesar Rp 1,4 miliar lebih untuk pengembangan agribisnis ayam joper hulu-hilir bagi masyarakat Desa Brabowan, Kecamatan Sambong. Bantuan tersebut disalurkan melalui Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa-Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL).

Dana sebesar Rp 1,4 miliar tersebut digunakan untuk pembuatan unit inseminasi, unit peternakan joper, unit pembuat pakan, unit pengelola hasil panen, pengemasan karkas, fasilitasi inkubasi dan operasional. Pusat pengembangan agribisnis ayam joper ini dibangun di lahan desa seluas 5.000 meter persegi.

“Program bantuan dari Kemendesa PDTT ini harus bisa berhasil, tolong terus dikawal. Jika berhasil, kita akan mudah meminta bantuan lagi baik untuk Brabowan maupun desa lainnya,” kata Wakil Bupati Blora Arief Rohman.

Menurutnya, selain untuk memberikan dukungan dan perlengkapan agar dapat memenuhi permintaan pasar, pengembangan agribisnis ayam joper hulu-hilir ini diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru bagi warga Brabowan dan sekitarnya. Khususnya, bagi warga kurang mampu yang arahnya untuk penanggulangan kemiskinan.

Pemilihan ayam joper sebagai inovasi yang dikembangkan antara lain karena prospek ayam joper yang sangat bagus. Kebutuhan ayam potong joper mencapai 24 ribu ekor per bulan. Kemudian, untuk produk olahan karkas 1.350 kg, dan hasil produk turunan yang lain, seperti kebutuhan anakan ayam siap ternak juga sangat banyak.

“Melalui program ini, kita berharap terjadi peningkatan jumlah produksi ayam joper. Dengan demikian, hal ini akan berdampak dengan peningkatkan kesejahteraan warga, pendapatan desa termasuk daerah, dan mengurangi angka kemiskinan,” jelas Arief.

Ditambahkan, pembangunan sarpras pengembangan agribisnis ayam joper ini merupakan salah satu program unggulan dari Kemendesa PDTT. Selain Desa Brabowan, ada satu desa lagi yang menerima bantuan PIID-PEL. Yakni, Desa Blungun, Kecamatan Jepon.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.