Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Ratusan Peserta JKN-KIS Mandiri di Kudus Ramai-Ramai Turun Kelas

MURIAEWS.com, Kudus – Ratusan peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kudus mengajukan penurunan kelas. Tercatat selama bulan November 2019 ini saja sudah ada sebanyak 248 peserta JKN mandiri yang melakukan turun kelas. Padahal, bulan November baru 21 hari.

Penurunan kelas ini terjadi karena Perpres 75/2019 yang memuat penyesuaian iuran program Jaminan Kesehatan Nasional. Dari perpres tersebut iuran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) kelas I menjadi Rp 160 ribu dari sebelumnya yang hanya Rp 81 ribu.

Sedangkan untuk kelas II naik menjadi Rp110 ribu dari sebelumnya Rp52 ribu, dan kelas III menjadi Rp 42 ribu dari sebelumnya Rp 25.500. Perubahan kenaikan iuran tersebut berlaku mulai 1 Januari 2020 mendatang.

“Dari data yang kami peroleh selama awal bulan November 2019 ini ada sebanyak 248 peserta. Itu kurang lebih selama tiga pekan ini,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus Maya Susanti.

Ia mengatakan, untuk jumlah peserta JKN-KIS di Kudus ada sebanyak 811.863 peserta. Peserta yang melakukan pengajuan penurunan kelas terjadi pada kelas I atau kelas II menjadi kelas III. Selain itu juga ada kelas I yang turun menjadi kelas II.

“Kebanyakan memang turun ke kelas III,” lanjutnya.

Lebih rinci, untuk peserta JKN mandiri di Kabupaten Kudus tercatat sebanyak 79.259 peserta. Dengan rincian untuk kelas I sebanyak 11.612 peserta, kelas II sebanyak 24.599 peserta dan kelas III sebanyak 43.048 peserta.

“Dari jumlah itu sebesar 60 persen aktif membayar iuran JKN mandiri. Sedangkan yang 40 persen mereka melakukan tunggakan iuran BPJS,” katanya.

Meskipun demikian, pihaknya selalu mengupayakan untuk menagih peserta yang menunggal iuran tersebut. Dengan begitu, prinsip gotong royong pada program JKN bisa terlaksana.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...