Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Di Jepara Sebelum Rekam E-KTP Bisa Cek Darah Gratis di PMI

MURIANEWS.com, Jepara – Masyarakat Kabupaten Jepara yang mengurus E-KTP ternyata banyak yang tidak mengetahui apa golongan darahnya. Padahal data ini sangat penting bagi pemegang kartu E-KTP.

Berangkat dari hal itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Jepara bekerja sama dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukapil) Kabupaten Jepara melakukan pengecekan darah gratis bagi masyarakat, sebelum melakukan perekaman E-KTP.

“Sehingga sewaktu-waktu, jika ada keluarga atau orang lain yang membutuhkan darah, mereka tidak perlu repot lagi mengecek golongan darah. Karena sudah tertera dalam kartu kependudukan. Kami berharap akan ada data base, tentang golongan darah melalui data kependudukan,” kata Ketua PMI Jepara Sutedjo S Sumarto, Rabu (20/11/2019).

Pengecekan darah gratis bareng Disdukcapil ini sudah berlangsung sejak awal November 2019. Sasaran utamanya adalah para perekam E-KTP baru yang ada di sekolah-sekolah, dan juga kecamatan dan desa. Sejauh ini, seribu orang lebih sudah memanfaatkan fasilitas tersebut.

Pihaknya juga berharap, pada tahun 2020 mendatang, semua pelayanan E-KTP keliling, juga diikuti oleh PMI Jepara untuk melakukan pengecekan darah secara gratis.

Mereka yang belum melakukan perekaman akan didahulukan. Sehingga pada akhirnya semua E-KTP yang ada sudah memiliki informasi golongan darah dari pemegangnya.

“Data golongan darah ini dibutuhkan dalam kelengkapan informasi yang ditampilkan di E-KTP. Kejelasan golongan darah dapat membantu pihak terkait jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada pemegang kartu,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Disdukcapil Jepara, Dasuki menyebutkan kerja sama PMI dan Disdukcapil ini kali pertama dilaksanakan di SMA N 1 Bangsri. Pelaksanaanya dilakukan pada Selasa (12/11/2019) lalu, dengan 130 orang peserta.

Kemudian di SMA N 1 Mlonggo dengan 300 peserta, Kantor Kecamatan Bangsri (298 peserta), SMK Muhammadiyah Bangsri (100 peserta). Sedangkan pada Rabu (20/11/2019) ada 100 peserta di SMKN 1 Batealit.

“Kami kira, program ini sangat baik. Pada kenyataannya masyarakat memang banyak yang belum mengetahui golongan darahnya sendiri. Ini membantu,” terangnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...