Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sidang Kasus OTT Bupati Kudus

Terdakwa Penyuap Bupati Kudus Minta Ditahan di Semarang

0 646

MURIANEWS.com, Semarang – Terdakwa kasus suap jual beli jabatan di lingkup Pemkab Kudus, Plt Sekretaris DPPKAD Akhmad Shofian mengajukan permohonan untuk ditahan di lokasi yang tak jauh dari Kabupaten Kudus.

Permohonan ini diajukan melalui kuasa hukumnya, Dwi Surya Hadi Budi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Surat permohonan itu disampaikan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari KPK dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (20/11/2019).

”Kami berharap klien kami bisa ditempatkan di lokasi tahanan yang tak jauh dari tempat asalnya, yakni di Kabupaten Kudus,” katanya.

Selama menjalani proses hukum dalam kasus ini Akhmad Shofian sempat menjalani penahanan di rumah tahanan KPK di Jakarta. Pihaknya berharap, Shofian dipindah ke rumah tahanan yang lebih dekat.

Secara spesifik, Akhmad Shofian mengajukan agar nantinya setelah ada putusan pengadilan, penahanan dilakukan di LP Kedungpane, Semarang. Alasan utamanya adalah terkait sisi kemanusiaan.

Jika tempat menjalani hukuman terdakwa dekat dengan Kabupaten Kudus, maka pihak keluarga akan memiliki akses yang tak sulit jika ingin menengok. “Alasannya soal kemanusiaan saja,” ucapnya.

Setelah KPK melimpahkan berkas penyidikan ke pengadilan, Akhmad Shofian juga telah dititipkan di LP Kedungpane Semarang untuk menjalani proses persidangan.

Kuasa hukum menyebut sengaja mengajukan permohonan itu lebih awal untuk memberi pertimbangan hakim dalam menetukan keputusan nantinya.

Diberitakan sebelumnya, KPK menuntut Akhmad Shofian tiga tahun penjara dan denda sebesar Rp 150 juta atau kurungan pidana selama enam bulan.

Shofian dianggap telah bersalah secara sah, atas perbuatan memberikan uang senilai Rp 750 juta pada Bupati Kudus (nonaktif) HM Tamzil untuk melancarkan promosi jabatannya dan istrinya Rini Kartika Hadi di lingkup Pemkab Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.