Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pilkades Kudus Penuh Kejutan, Calon Petahana Bertumbangan

0 1.500

MURIANEWS.com, Kudus – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di 115 desa di Kudus berlangsung lancar, Selasa (19/11/2019). Meskipun demikian, ternyata banyak kejutan yang terjadi pada pelaksanaan pilkades yang digelar pada Selasa pon itu.

Kejutan-kejutan itu di antaranya banyak imcumbent atau calon petahana yang akhirnya tumbang pada Pilkades 2019 ini.

Dari data yang dihimpun, calon imcumbent yang tumbang di antaranya di Desa Temulus Kecamatan Mejobo. Calon kades pertahanan Purwati harus menuai kekalahan melawan dengan pesaingnya Suharto yang merupakan anggota TNI.

Berikutnya, di Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo. Wawan Setiyawan harus mengakui keunggulan lawannya, Suleman. Desa Ploso, Kecamatan Jati, calon imcumbent Bambang Giyanta kalah dari pendatang baru, Masud.

Hal serupa juga terjadi di Kecamatan Jati, Desa Tumpangkrasak. Calon imcumbent, Bambang Gunarjo kalah dari calon lainnya Sarjoko.

Akan tetapi di desa-desa lain, terdapat pula calon incumben yang sukses mempertahankan kursinya. Seperti Kiswo di Desa Berugenjang,  Kecamatan Undaan, Nurazaq di Desa Megawon, Kecamatan Jati, dan Nurul di Desa Piji, Kecamatan Dawe.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kudus Adi Sadhono Muwanto mengatakan, banyaknya imcumbent yang tumbang memang tak bisa dipungkiri. Hanya, ia yakin hasil tersebut merupakan hasil terbaik pilihan masyarakat.

“Namanya persaingan memang ada kalah dan menang. Saya rasa ini hal biasa,” katanya.

Meski begitu, ketika disinggung terkait hasil Pilkades 2019, ia mengaku belum bisa memberikan hasil pilkades di 115 desa. Sebab, perolehan hasil pemilihan kepala desa di 115 desa di Kudus masih dalam proses rekapitulasi di masing-masing desa. Diperkirakan Rabu (20/11/2019) besok sudah bisa diketahui secara lengkap nama-nama calon kepala desa 115 terpilih.

“Masih dalam proses rekapitulasi di tiap desa. Besok baru bisa diketahui,” jelasnya, Selasa (19/11/2019).

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.