Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

ASN di Pati Pegang Jabatan Tak Sesuai Pendidikan Bakal Dimutasi

0 2.201

MURIANEWS.com, Pati – Aparatur Sipil Negara (ASN) yang di Kabupaten Pati yang memegang jabatan tak sesuai dengan latarbelakang pendidikan, akan segera dimutasi. Hal itu seiring dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 116 Tahun 2018 yang mengatur tentang nomenklatur jabatan pelaksana bagi PNS di lingkungan kabupaten.

Kepala Bidang Kinerja dan Mutasi pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pati Sri Mulyani menyatakan sudah mengundang 21 organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melakukan validasi data ASN dengan pendidikan dan jabatan.

“Masing-masing OPD kami minta data para pejabat, kemudian kami validasi. Misalnya ada yang sarjana kesehatan, tetapi tidak berada di Dinas Kesehatan, melainkan di OPD lain. Nah, dia inilah yang akan kami mutasi dan kami sesuaikan dengan jurusan pendidikannya,” terang Sri, Selasa (19/11/2019).

Dalam validasi itu, masing-masing pelaksana akan dibuatkan surat keputusan (SK). Sehingga dalam proses validasi bisa dipercaya. Karena, pihaknya membutuhkan data yang valid sebelum mutasi dilakukan.

Sementara ini, ada tiga ASN yang jabatannya tidak sesuai dengan jurusan pendidikan. Namun, pihaknya enggan menyebutkan nama dan instansi ketiga ASN tersebut.

Selain itu, validasi jabatan dan pendidikan ini juga berkaitan dengan tambahan penghasilan pegawai (TPP) setiap bulannya. Karena, harus ada izin dari Mendagri hingga Kementerian Keuangan, yang nominalnya disesuaikan kelas jabatan.

“Untuk menyongsong itu, maka harus disesuikan. Sementara yang dimutasi nantinya akan disesuaikan. Karena memang sasaran kami dari ASN dan pelaksana fungsional umum,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.