Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Polisi Ledakkan Empat Mortar dan Granat Temuan Warga di Jepara

MURIANEWS.com, Jepara – Polres Jepara melakukan disposal (pemusnahan) empat bahan peledak. Kegiatan ini digelar di Pantai Pungkruk, Desa Mororejo, Mlonggo, Jepara, Selasa (19/11/2019).

Disposal bahan peledak dilakukan oleh Tim Gegana Polda Jawa Tengah. Tim ini dipimpin oleh Waka Subden Gagana Iptu M Huda, dan tiga orang anggota gegana lainnya.

Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman menyatakan, ada empat benda yang diduga mengandung bahan peledak. Benda-benda tersebut ditemukan oleh warga. Masing-masing dua buah mortir, dua buah granat jenis manggis dan granat ovensif.

“Benda-benda tersebut merupakan hasil temuan masyarakat pada tahun 2016 yang diserahkan kepada petugas Polres Jepara. Selanjutnya diamankan di gudang Wassendak Sat Intelkam Polres Jepara,” ujar AKBP Arif Bahtiar, Selasa (19/11/2019).

Proses disposal diawali dengan penyerahan barang temuan tersebut dari Kasat Intelkam Polres Jepara AKP Adi Purnomo kepada Wakasubden II Gegana Brimobda Jateng Iptu M Huda. Kemudian disposal dilaksanakan oleh tim penjinak bom.

Pemusnahan bahan peledak dilakukan dengan menggunakan tehnik detcoret dan deto, dilaksanakan sebanyak dua kali sesuai dengan SOP (Standart Operating Prosedure). Proses ini dilaksanakan dengan aman dan lancar.

“Untuk dua buah mortar dimensi ukurannya memiliki panjang sekitar 20 cm dengan diameter 5 cm, dan berat sekitar 1 kg. Lalu granat bentuk bulat atau manggis berukuran diameter 7 cm dengan berat 0,5 kg,” tambah AKBP Arif Bahtiar.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...