Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

2020, Disdikpora Kudus Fokus Benahi Atap Sekolah

0 41

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus bakal memprioritaskan pembenahan atap sekolah pada program pembangunan di 2020 mendatang. Sasarannya adalah sekolah-sekolah yang memiliki tingkat kerusakan parah.

Kasi Sarpras pada Disdikpora Kudus Supriyono mengatakan, beberapa sekolah telah mengajukan pembenahan atap. Kebanyakan yang telah mengajukan adalah sekolah dengan atap yang rawan ambruk.

“Beberapa sekolah sudah mengajukan, kami juga telah melakuan survey lapangan,” ucapnya, Selasa (19/11/2019) pagi.

Masing – masing sekolah, nantinya akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 200 juta. Anggaran tersebut akan dianggarkan dari APBD 2020. Sedengkan untuk jumlah sekolah yang mendapat bantuan jumlahnya mencapai 157 sekolah.

“Di dalamnya ada 13 SMP Negeri yang ikut direhab atapnya,” lanjutnya.

Ke-13 SMP tersebut, lanjut Supriyono, di antaranya, SMP 1 Kaliwungu, SMP 3 Jekulo, SMP 2 Jati, SMP 2 Kaliwungu, SMP 3 Dawe, SMP 1 Jati, SMP 3 Satap Undaan, SMP 3 Kudus, SMP 2 Dawe, SMP 2 Bae, dan SMP 2 Undaan.

“Ada juga SMP 1 Jekulo dan SMP 2 Jekulo,” lanjutnya.

Untuk alasan mengapa pembenahan dititik beratkan di atap, Supriyono beranggapan jika atap adalah bagian paling penting dalam bangunan sekolah. Apabila atap kuat, maka proses belajar mengajar dalam sebuah kelas tidak akan terganggu. Terlebij jika musim penghujan datang.

“Kami ingin membangun suasana yang nyaman di kelas-kelas,” lanjutnya.

Sementara untuk sekolah yang atapnya cukup melengkung dan akan memasuki musim penghujan, agar berupaya terlebih dahulu untuk mengatasi hal ini. Sehingga ruang kelas tetap aman untuk belajar mengajar.

“Di tahun ino kami belum bisa membantu, untuk sementara bisa disangga dengan material yang kokoh,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.