Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ribuan Kumbang Hitam Serbu Rumah Warga Selo Grobogan

0 169

MURIANEWS.com, Grobogan – Sejumlah warga Dusun Tanen, Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo dilanda keresahan. Hal ini terjadi menyusul adanya ribuan serangga jenis kumbang hitam yang memasuki rumah warga sejak sepuluh hari terakhir.

Sedikitnya, sudah ada lima rumah warga RT 01, RW 05 yang diserbu serangga seukuran lalat tersebut. Yakni, rumah Nurkholis, Rozak, Sri Lestari, Zainudin, dan Suwarni.

“Hewan ini sudah sekitar sepuluh hari munculnya. Jumlahnya ada ribuan ekor dan tidak tahu dari mana asalnya,” kata Nurkholis, salah satu warga yang rumahnya diserbu kumbang hitam tersebut, Senin (18/11/2019).

Menurutnya, serangka tersebut masuk ke dalam rumah menjelang magrib melalui pintu maupun lewat celah-celah udara. Meski demikian, sejauh ini, serangga tersebut tidak menyerang manusia atau hewan piaraan.

“Sampai sekarang belum ada yang diserang atau digigit serangga ini. Tetapi, kami khawatir dan merasa risih karena jumlahnya sangat banyak. Apalagi, serangga ini memunculkan bau menyengat kayak amoniak,” cetusnya.

Ribuan serangga jenis kumbang hitam memasuki rumah warga Dusun Tanen, Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo sejak sepuluh hari terakhir. (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Terkait kondisi ini, warga merasa khawatir dan terganggu. Bahkan, beberapa warga terpaksa mengungsi ke rumah saudaranya akibat rumahnya selalu diserbu kumbang hitam.

Camat Tawangharjo Mundakar menyatakan, pihaknya sudah melaporkan kejadian itu pada Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan agar dilakukan upaya penanganan lebih lanjut. Sejauh ini, pemilik rumah melakukan penanganan serangga itu dengan menyemprotkan cairan pestisida. Namun, hasilnya tidak bisa maksimal.

“Meski sudah disemprot, serangga itu selalu muncul terus. Kami berharap dari dinas terkait bisa secepatnya melakukan upaya penanganan,” katanya.

 

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.