Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tiga Kelompok Tani Terbaik di Pati Diberi Penghargaan

MURIANEWS.com, Pati – Tiga kelompok tani berhasil menyabet juara lomba kelompok tani yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati. Diharapkan, ketiganya dapat menjadi percontohan oleh kelompok tani lainnya.

Ketiganya yakni Kelompok Tani Sumber Makmur V Desa Plaosan, Kecamatan Cluwak menjadi juara pertama. Kelompok Tani Muda Sejahtera Desa Mantingan, Kecamatan Jaken, juara dua dan dan Kelompok Tani Ngudi Karyo Desa Batursari, Kecamatan Batangan juara tiga.

Kepala Dispertan Kabupaten Pati Muchtar Effendi mengatakan, lomba kelompok tani ini sebagai upaya untuk mendorong para petani agar lebih kreatif dan inovatif. Selain itu juga agar para petani mampu membudidayakan hasil pertanian.

“Tiga kelompok tani ini merupakan yang terbaik dari yang lainnya. Mereka mampu memenuhi beberapa indikator yang ada dalam perlombaan,” katanya, Senin (18/11/2019).

Dia menyebut, indikatornya ada dagi aspek kelembagaan dan jenis usaha kelompok tani yang dijalankan. Rutinitas pertemuan anggota juga menjadi penilaian tersendiri.

“Yang tidak kalah penting adalah pembuatan teknologi pertanian, peningkatan hasil pertanian dan teknik budidaya yang benar,” ujarnya.

Selain kelompok tani, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada penyuluh pertanian atau Petugas Penyuluh Lapangan (PPL). Adapun kriterianya adalah pembinaan terhadap kelompok tani yang selama ini dilakukan. Selain itu juga kemahiran PPL dalam memasarkan hasil pertanian atas kelompok tani yang menjadi binaannya.

“Kelompok tani dan juga PPL ini banyak. Kami harap mampu menciptakan terobosan terkait budidaya yang benar. Sehingga produk-produk pertanian kabupaten Pati semakin meningkat,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...