Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lokomotif Kereta Tua Bakal Jadi Ikon Baru di Taman Seribu Lampu Cepu

MURIANEWS.com, Blora – Sebuah ikon baru bakal ditempatkan di taman seribu lampu di Kecamatan Cepu yang saat ini masih dalam proses revitalisasi. Yakni, lokomotif kereta tua milik Perhutani KPH Cepu.

Penandatanganan berita acara penyerahan lokomotif kereta tua dari Perhutani KPH Cepu kepada Pemkab Blora untuk dipasang di taman seribu lampu sebagai salah satu ikon tematik sudah dilakukan beberapa hari lalu. Penandatanganan dilakukan oleh Administratur (Adm) Perhutani KPH Cepu Dadhut Sujanto bersama dengan Bupati Djoko Nugroho di kawasan Heritage Trainz Loco Tour, Ngelo.

“Sudah lama Bapak Bupati menginginkan lokomotif tua agar bisa dipasang sebagai salah satu ikon tematik di taman seribu lampu. Hal inipun kami sampaikan kepada Pak Kadivre Jateng, dan alhamdulillah diizinkan,” ungkap Adm Perhutani KPH Cepu Dadhut Sujanto.

Dijelaskan, barang yang diserahkan adalah lokomotif uap kuno C-2902 yang tadinya mangkrak di dalam depo milik Perhutani KPH Cepu. Pada masa lalu, lokomotif uap ini digunakan sebagai penarik lori pengangkut kayu hasil hutan dari lokasi tebangan menuju tempat penimbunan kayu (TPK) milik Perhutani.

Sedangkan lokomotif tua lainnya masih bisa dijalankan. Saat ini, lokomotif ini dipakai kegiatan wisata loko tour atau wisata sejarah kereta api yang dikembangkan oleh Perhutani KPH Cepu dengan salah satu pengembang dari Jawa Timur.

Sementara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho mengucapkan terimakasih kepada Perhutani KPH Cepu dan jajarannya yang telah bersedia menyerahkan salah satu lokomotif tuanya untuk pendukung revitalisasi taman seribu lampu tersebut. Menurutnya, dengan adanya pemasangan lokomotif tua tersebut akan bisa dijadikan sarana edukasi bagi masyarakat.

“Terimakasih kepada Pak Dadhut dan seluruh jajaran. Lokomotif uap yang sudah usang namun tetap gagah dan klasik ini akan kami pasang di taman seribu lampu sebagai salah satu kebanggaan bahwa di Cepu, Kabupaten Blora moda transportasi ini pernah berjaya. Daripada mangkrak, lebih baik dipasang di taman untuk mengedukasi masyarakat, khususnya kaum muda,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...