Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Anggota DPRD Jateng Minta Pilkades Jangan Sampai Ubah Tetangga Jadi Musuh

0 93

MURIANEWS.com, SEMARANG – Sejumlah daerah di Jawa Tengah akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak. Dalam prosesnya, banyak terjadi gesekan hingga konflik yang muncul.

Hal ini diakui Anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Tengah M Nur Khabsyin. Ia menyebut, dari pantauannya dalam pelaksanaan pilkades sering muncul gesekan dan perbedaan pendapat.

“Ini juga saya lihat saat melakukan reses dan jaring aspirasi di wilayah Jekulo, Kabupaten Kudus,” ujarnya, Senin (18/11/2019).

Oleh karenanya, pihaknya mengimbau agar dalam pelaksanaan pilkades tetap mengedepankan rasa kebersamaan. Pihaknya tidak menginginkan tetangga yang awalnya akur tiba-tiba jadi bermusuhan gara-gara beda pilihan dalam pilkades.

“Jangan sampai hanya karena urusan Pilkades persaudaraan di desa menjadi renggang dan bermusuhan. Karena bangsa ini tetap harus dibangun dengan semangat kebersamaan dan dan gotong royong,” ujarnya.

Dia menyebutkan, di Kabupaten Kudus ada  115 Desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak  pada tanggal 19 November 2019 besok. Di Kabupaten Pati, juga akan menggelar pilkades serentak pada 21 Desember 2019 mendatang, dan diikuti 122 desa.

Baca: Calon Kades di Pati Janjikan Hadiah Motor, Sapi dan 19 Kambing Jika Menang

Khabsyin juga mendorong dan mengajak seluruh warga desa untuk menggunkan hak pilihnya dengan baik tanpa terpengaruh money politics.

Sementara itu aktivis anti Money Politics Pilkades Jawa Tengah Eko Wahyudi menyatakan, Pilkades harus bersih dari upaya politik uang.

“Money politics selain tidak memberikan pembelajaran politik yang baik bagi rakyat juga menjadi awal penyakit masyarakat serta mencederai pelaksanaan Pilkades itu sendiri,” tandasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.