Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pendaftar CPNS di Pati Diimbau Tak Kepincut Calo

MURIANEWS.com, Pati – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kini sudah berlangsung. Para pendaftar diimbau agar tidak terpengaruh dengan rayuan calo yang menjanjikan mampu meloloskan jadi PNS dengan syarat memberikan sejumlah uang.

Kabid Formasi dan Jabatan pada Badan Kepegawaian, Pendidika dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pati Rizki Hermanu mengatakan, pendaftaran CPNS ini sudah menggunakan sistem online.

Bahkan seleksi kompetensi dasar (SKD) dilakukan menggunakan Computer Assisted Tes (CAT). Sehingga hasil tes atau nilainya bisa langsung diketahi setelah tes selesai dilakukan. Sehingga tak memungkinkan ada campur tangan pihak lain.

“Ini murni kompetensi individu. Jadi jangan percaya dengan adanya calo yang bisa meloloskan CPNS,” katanya, Senin (18/11/2019).

Dia juga menambahkan, dengan sistem CAT itu, para oknum tidak bisa lagi bermain belakang terkait kelolosan CPNS. Sebab, semuanya tergantung pada kemampuan masing-masing pendaftar.

“Mulai dari proses awal, semuanya ada pengawasan. Bahkan jika ada berkas yang tidak sesuai atau kurang, sistem secara otomatis akan menolak. Itu tahap pemberkasan,” ujarnya.

Lebih lanjut, pada saat pengumuman nanti, hasilnya juga sama persis seperti hasil saat tes SKD dan SKB. Ini semua karena sudah ada sistem yang mengatur, sehingga para calo tidak bisa masuk.

“Maka, bagi para pendaftar jangan percaya kepada orang yang mengaku bisa meloloskan CPNS, apalagi sampai meminta uang. Sekali lagi, semunya sudah menggunakan CAT. Yang penting persiapkan kemampuan untuk melakukan tes,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...