Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gratiskan Restribusi di Lima Hari Kerja, Pengunjung Museum Kartini Naik

0 74

MURIANEWS.com, Jepara – Kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara yang menggratiskan restribusi di sejumlah tempat wisata mulai berdampak. Meski hanya diterapkan secara terbatas yakni pada lima hari kerja Senin-Jumat, warga mulai memanfaatkan kebijakan ini.

Di obyek wisata Museum Kartini Jepara, yang terletak di sebelah Alun-alun Jepara, jumlah pengunjung pada hari diterapkannya kebijakan ini, jumlahnya naik. Meski tidak seramai pada waktu musim libur sekolah, peningkatan jumlah pengunjung tersebut diakui terjadi.

Jaja, salah seorang petugas Museum Kartini Jepara menyatakan, untuk hari Minggu dan Sabtu, jumlah pengunjung relatif sama. Namun untuk hari-hari biasa yang diberlakukan gratis restribusi jumlah pengunjung bertambah.

Warga Jepara banyak yang mencoba menengok koleksi Museum Kartini Jepara, sejak adanya kebijakan restribusi gratis diterapkan secara terbatas. Kebanyakan memang warga Jepara yang tinggal tidak jauh dari Museum Kartini Jepara. Namun ada juga yang dari luar Jepara.

“Memang ada pengaruhnya atas kebijakan yang diterapkan itu. Hari Senin-Jumat yang biasanya sepi pengunjung, saat ini ada lumayan yang datang berkunjung,” ujar Jaja, Minggu (17/11/2019).

Jaja sayangnya tidak bisa menyebut secara pasti angka-angka pengunjung yang datang ke Museum Kartini Jepara secara pasti. Pada hari-hari dimana kebijakan gratis restribusi berlaku, para pengunjung hanya diminta mengisi buku tamu. Kemudian mereka dipersilahkan menikmati koleksi Museum Kartini Jepara.

Sementara itu, di obyek wisata lainnya yang juga diterapak kebijakan yang sama, beberapa hal kendala masih terjadi. Di pintu masuk Pantai Bandengan Jepara misalnya, sejumlah pengunjung menyatakan masih juga harus merogoh kocek untuk bisa masuk ke lokasi wisata.

Pranoto, warga Pecangaan, mengaku masih diminta untuk membayar karcis parkir di pintu gerbang masuk Pantai Bandengan, di hari biasa. Situasi ini sempat dilihatnya menimbulkan perdebatan kecil di pintu masuk.

“Mungkin jika memang harus membayar parkir tersendiri diluar restribusi yang digratiskan, paling tidak hal ini juga harus disosialisasikan. Sehingga masyarakat tidak terlibat perdebatan di dengan para petugas pintu masuk,” ujar Pranoto, Minggu (17/11/2019) secara terpisah.

Pemkab Jepara sendiri menerapkan kebijakan restribusi gratis masuk ke obyek-obyek wisata yang mereka kelola. Kebijakan ini berlaku efektif pada awal Nopember lalu. Diharapkan kebijakan ini bisa memberi kesempatan bagi warga untuk bisa berwisata.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.