Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Kudus Komitmen Kembangkan Potensi Kopi Muria

0 100

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus menggelar pameran produk UKM di Taman Budaya Kudus, Sabtu (16/11/2019). Pameran yang digelar dua hari, 16-17 November 2019 itu bertujuan untuk menciptakan wirausaha baru. Utamanya dalam pengembangan kopi Muria.

Plt Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Wahyu Haryanti mengatakan, pelaksanaan festival kopi merupakan salah satu tindak lanjut program unggulan mencetak wirausaha muda. Terutama dalam hal mengembangkan kopi muria.

“Masalah kaitannya dengan kopi. Kopi ini sudah sangat populer. Dalam mengembangkan potensi wilayah Kabupaten Kudus,” jelasnya.

Ia mengatakan, di lereng Muria terdapat kopi Muria. Kopi ini merupakan peninggalan nenek moyang sejak zaman penjajahan Belanda. Hanya, untuk festival kali ini peserta diikuti oleh pelajar dan mahasiswa Kudus.

“Ada beberapa kegiatan, di antaranya lomba cipta rasa, kreatif kopi ada penggabungan cita rasa kopi dengan potensi yang ada. Seperti Parijoto, jeruk pamelo dan apukat,” lanjutnya.

Dengan begitu, diharapkan dapat memberikan semangat kepada petani kopi. Diharapkan dapat meningkatkan produk, kualitas dan jenis kopinya.

“Kreatifitas kopi ini juga diharapkan dapat memunculkan brand baru. Mengangmat produk unggulan di Kudus,” tegasnya.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, kopi Muria sudah menjamur di mana – mana. Sekarang bahkan sudah ada cafe besar di Kudus tentang kopi Muria. Dalam hal ini, pemkab akan mendobrak sektor kopi Muria. Apalagi di Kudus juga banyak terdapat petani kopi.

“Kami juga akan membantu dalam pemasaran dan akan memberikan bantuan kualitas ekspor,” katanya.

Tidak hanya itu, pemkab juga berkomitmen untuk menjadikan wisata kopi muria. Kopi muria menjadi destinasi wisata yang ada di Kudus.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.