Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Grobogan Ajak Generasi Muda Ikut Awasi Penyelenggaraan Pemilu

Ucapan Pelantikan Bupati Jepara Pemkab PC
0 115
Ucapan Pelantikan Bupati Kodim Jepara PC

MURIANEWS.com, Grobogan – Partisipasi masyarakat, terutama generasi muda sangat diperlukan untuk mengawasi jalannya pemilihan umum (Pemilu). Hal itu perlu dilakukan guna mewujudkan pemilu yang bersih, tranparan dan berintegritas, baik dari sisi penyelenggara maupun penyelenggaraannya.

“Pemilu perlu diawasi untuk memastikan terlindunginya hak politik warga. Selain itu, pengawasan diperlukan agar terwujud pemilu yang bersih, transparan dan berintegritas dari sisi penyelenggara dan penyelenggaraannya,” kata Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti dalam acara sosialisasi pengawasan partisipatif dengan tema ”Tegaknya Demokrasi di Tangan Pemuda”, Jumat (15/11/2019).

Acara ini dihadiri puluhan pemuda dari berbagai kalangan serta pengurus organisasi kepemudaan. Antara lain, karang taruna, KNPI, pelajar, mahasiswa, dan pramuka. Dalam sosialisasi ini juga dilangsungkan penandatanganan komitmen bersama menjadi pengawas partisipatif serta menolak politik uang.

Menurut Fitria, dengan pengawasan dan partisipasi yang baik dari banyak pihak akan mendorong munculnya kepemimpinan politik yang sesuai dengan aspirasi terbesar rakyat, dan mencegah terjadinya konflik. Selain itu, partisipasi masyarakat juga bisa mendorong tingginya partisipasi publik dan meningkatkan kualitas demokrasi.

“Dengan jumlah personil penyelenggara yang terbatas maka bisa mengalami kesulitan dalam hal pengawasan. Oleh karena itu dibutuhkan peran serta masyarakat untuk menyampaikan informasi dalam melakukan pengawasan Pemilu,” jelasnya.

Ditambahkan, keterlibatan masyarakat dan organisasi dalam hal Pemilu bisa dilakukan dengan beberapa cara. Antara lain, ikut melakukan sosialisasi tentang aturan-aturan pemilu, memantau pelaksanaan pemilu agar berlangsung sesuai dengan aturan serta ikut melakukan kajian terhadap persoalan kepemiluan.

Sementara itu, Kader Pengawasan Partisipatif Bawaslu RI Tri Agus Utomo yang hadir dalam kesempatan tersebut menambahkan, jalannya pesta demokrasi yang bersih sangat diharapkan bagi banyak kalangan. Sedangkan para pemuda dan pemilih pemula akan menjadi tonggak utama dalam mewujudkannya.

“Para pemuda, terutama pemilih pemula ini memiliki peranan penting dalam mewujudkan demokrasi yang bersih. Oleh sebab itu, mereka harus diajak ikut serta dalam mengawasi pemilu dan dibekali pendidikan demokrasi,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Ucapan Pelantikan Bupati Jepara Banner PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.