Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sawahnya Gagal Panen, 11 Kelompok Tani di Jepara Diberi Bantuan Beras

0 116

MURIANEWS.com, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) memberikan bantuan beras kepada para petani. Bantuan ini diberikan karena swah mereka mengalami puso atau gagal panen.

Bantuan tersebut diberikan dalam acara seremonial yang digelar di Desa Meganti, Kedung, Jepara. Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi secara simbolis memberikan bantuan ini kepada sejumlah perwakilan petani.

Dian Kristiandi menyebutkan, di Kecamatan Kedung ada beberapa desa yang pada 2019 ini menghadapi masa sulit karena kekeringan air. Desa-desa tersebut adalah Menganti, Sowan Lor, Surodadi, Kalianyar, Karangaji dan Kedung Malang.

Ada 11 kelompok tani di kawasan tersebut, yang menghadapi puso tanaman padinya. Mereka yang sudah menanam padai pada April-Mei berharap bisa memanen padi pada Agustu-September. Namun karena kekurangan air, akhirnya sawah mereka mengalami puso atau gagal panen.

“Hari ini kami menyampaikan bantuan beras kepada mereka. Ini adalah bagian dari kegiatan penanganan daerah rawan pangan di DKPP Jepara. Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban para petani,” ujar Dian Kristiandi, Jumat (15/11/2019).

Baca: 511 Hektare Tanaman Padi di Jepara Puso Akibat Kekeringan

Sementara itu, Kepala DKPP Jepara Achid Setiawan menyebutkan, ada sejumlah kelompok tani yang menjadi sasaran pemberian bantuan ini. Di Desa Menganti ada tiga kelompok tani dengan 127 petani.  Surodadi (2) dengan 112 orang petani, Karangaji (1) dengan 146 petani.

Lalu Desa Sowan Lor ada satu kelompok petani dengan 113 orang petani. Desa Kedungmalang (3) dengan 39 orang anggota, dan Desa Karanganyar (1) dengan 63 orang petani anggotanya. Setiap petani dalam kelompok-kelompok tersebut diberi bantuan 10 kg beras.

“Seluruhnya ada 600 petani yang mendapatkan bantuan beras. Total seluruhnya ada 6 ton yang kami berikan sebagai bantuan,” ujar Achid Setiawan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.