Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jateng Bakal Dilintasi Kereta Semi Cepat, Semarang-Jakarta Hanya Tiga Jam

0 7.863

MURIANEWS.com, Semarang – Proyek Kereta semi cepat Jakarta-Surabaya ditargetkan mulai beroperasi 2020 mendatang. Jalur kereta yang dibangun kerja sama antara Pemerintah RI dengan Jepang itu akan melintasi beberapa daerah di Jawa Tengah.

Beberpaa stasiun di provinsi ini juga akan menjadi tempat berhenti kereta semi cepat itu. Di antaranya di stasiun Kota Semarang.

Kereta semi cepat ini akan memangkas waktu tempuh Jakarta-Surabaya dengan kereta biasa yang selama 10 jam menjadi hanya 5,5 jam saja. Sementara waktu tempuh dari Semarang-Jakarta atau sebaliknya hanya dibutuhkan waktu tiga jam.

Kondisi ini menurut Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, akan menjadi daya tarik orang untuk berkunjung ke Jawa Tengah. Sehingga dampaknya akan mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Maka sudah menjadi tanggungjawab kami untuk mendorong dan memenuhi pembangunan yang direncanakan pemerintah pusat di Jawa Tengah,” katanya, Jumat (15/11/2019).

Taj Yasin sendiri telah bertemu dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii untuk membahas proyek ini. Dalam pertemuan yang digelar di Kantor Gubernur Jateng, Kamis (13/11/2019) itu, dipaparkan mengenai progres pembangunan kereta semi cepat.

Dalam pembahasan itu disebutkan jika paling lambat tahun depan, pembangunan fisik sudah bisa dilakukan. Terlebih menurut Masafumi Ishi, feasibility study proyek tersebut sudah dilakukan sejak September 2019 lalu.

“Selambat-lambatnya tahun depan feasibility study sudah berakhir. Saya berharap konstruksi bisa dimulai pada periode kedua Bapak Jokowi (Presiden RI) ini,” Masafumi Ishii.

Ia mengatakan, kereta semi cepat ini akan melaju dengan kecepatan rata-rata 160 km per jam. Sehingga bisa memangkas waktu tempuh dari 10 jam menjadi 5,5 jam.

Untuk mempercepat operasional kereta ini, rute dari Semarang ke Surabaya akan menggunakan jalur double track yang sudah ada. Sementara dari Semarang ke Jakarta akan membangun jalur baru agar tak terpengaruh dengan lalu lintas pada perlintasan sebidang.

“Selain itu kami akan membangun overpass dan underpass untuk mengurangi lintasan, sehingga saya kira bisa mengurangi waktu tempuh,” jelasnya.

Setelah proyek ini selesai, lanjutnya, waktu tempuh Jakarta-Semarang hanya sekitar tiga jam. Sehingga nantinya akses menuju Kota Semarang lebih mudah.

“Karena proyek ini melewati Jawa Tengah dan cukup panjang, kami mohon dukungan dari Pemerintah Provinsi Jateng,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.