Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bisnis Karaoke di Pantai Pungkruk Jepara Kembali Bebas Menggeliat

0 11.770

MURIANEWS.com, Jepara – Kawasan hiburan karaoke di Pantai Pungkruk, Desa Mororejo, Jepara, memang sudah dibulldozer beberapa tahun lalu. Sebagian kawasan ini sudah menjadi semak-semak. Namun bisnis karaoke tetap masih ada di sekitaran wilayah itu.

Sejumlah pelaku usaha karaoke dalam beberapa tahun terakhir sudah kembali membangun kerajaan bisnisnya. Jika sebelumnya bisnis karaoke didirikan lebih banyak di tanah sepadan pantai, kali ini bangunan usaha didirikan di atas tanah milik perseorangan.

Sedikitnya ada sekitar 10-an usaha karaoke yang sudah tumbuh dan memberikan memberikan service hiburan kepada para penikmatnya. Meskipun ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi, terkait usaha karaoke, usaha mereka dilakukan dengan cara yang sama dengan sebelumnya.

Syarat bahwa tempat karaoke harus dilakukan dengan ruangan terbuka atau tembus pandang, sesuai ketentuan Pemkab Jepara, tidak ada yang menggubrisnya. Penjualan minuman keras sebagai bagian dari bisnis hiburan ini juga masih bisa dilakukan dengan cukup bebas.

Sriyono, salah seorang warga Jepara, menilai praktik bisnis karaoke yang saat ini berlangsung mengarah seperti yang sudah pernah ada. Pelarangan karaoke model seperti ini sudah dilakukan Pemkab Jepara beberapa tahun lalu. Namun saat ini hal yang sama kembali terjadi.

Pihaknya menilai Pemkab Jepara seperti tidak lagi memberikan perhatian serius. Dampak sosial dan budaya terhadap masyarakat, dimungkinkan bisa terjadi. Pihaknya berharap Pemkab Jepara bisa bersikap tegas dengan apa yang sudah ditetapkan.

“Kalau memang sudah dilarang ya harusnya tegas dilarang. Jangan seperti sekarang. Katanya dilarang tapi kenyataannya ada. Dan malah seperti dibiarkan ada lagi,” ujar Sriyono, Kamis (14/11/2019).

Baca: Ini Kode Rahasia yang Bikin PK di Pungkruk Jepara Sering Lolos dari Razia Satpol PP

Terpisah, Kepala Satpol PP dan Damkar Jepara Istono menyatakan, pihaknya kadang merasa serba salah terhadap persoalan bisnis karaoke ini. Namun demikian pihaknya menyatakan tidak diam saja atas apa yang sedang terjadi.

Pihaknya mengaku sudah mengirimkan surat teguran atau peringatan kepada para pemilik karaoke. Surat tersebut meminta agar para pemilik karaoke bisa segera memenuhi ketentuan yang ada.

Sesuai prosedur pihaknya akan mengirimkan tiga kali surat peringatan, sebelum mengambil langkah tegas.

“Kami juga selalu melakukan patroli di sana. Sejauh ini kami juga sudah mengirimkan surat peringatan pertama. Selanjutnya kami tentu akan mengirimkan lagi sampai tiga kali. Kalau tidak ada respon, ya kami akan lakukan tindakan tegas,” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.