Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Debit Air Berkurang Akibat Sedimentasi, Waduk Simo Grobogan Bakal Direhabilitasi Tahun Depan

MURIANEWS.com, Grobogan – Rencana rehabilitasi Waduk Simo di Kecamatan Kradenan akan dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana pada tahun 2020. Rehabilitasi diperlukan karena waduk yang dibangun sekitar tahun 1904 itu sudah terdapat banyak kerusakan serta mengalami sedimentasi atau pendangkalan cukup parah.

Kabid Operasional dan Pemeliharaan BBWS Pemali Juana Dina Noviadriana mengatakan, pada bulan Desember 2019, direncanakan sudah selesai dilakukan proses lelang. Dengan demikian, pada awal tahun 2020 nanti, proses rehabilitasinya sudah bisa dimulai.

“Adanya sedimentasi membuat daya tampung saat ini hanya sekitar 75 ribu meter kubik saja. Setelah nanti ada perbaikan dan pengerukan kita harapkan daya tampungnya bisa kembali 200 ribu meter kubik,” jelasnya.

Menurutnya, Waduk Simo yang memiliki luasan 482 hektar itu mengalami kerusakan sejak beberapa tahun lalu. Pihaknya mengaku tidak bisa segera melakukan perbaikan. Soalnya, waduk itu merupakan bangunan dengan kontruksi lama sehingga diperlukan kajian secara teliti terlebih dahulu.

“Waduk ini kontruksinya sangat lama sekali karena dibangun pada zaman Belanda. Penanganannya harus secara teliti dan butuh kajian, sehingga jangan sampai diperbaiki malah jadi rusak kembali,” ujarnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...