Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Arkeolog UI Nilai Museum Harus Bisa Jadi Candu Bagi Generasi Muda

MURIANEWS.com, Jepara – Di era milenial saat ini, keberadaan museum harus bisa menjadi sesuatu yang menarik. Tidak perlu memamerkan semua koleksi museum secara langsung. Asalkan disajikan menarik dan memberi informasi, sudah lebih dari cukup.

Hal ini dikatakan Arkeolog dari Universitas Indonesia (UI) DR Ufi Saraswati, saat menjadi pembicara dalam Work Shop Penataan Koleksi dan Tata Pamer Museum, di Museum Kartini Jepara, Selasa (12/11/2019).

Menurut Ufi, di era milenial seperti sekarang ini museum harus bisa menjadi candu bagi generasi muda. Mereka harus memahami kisah-kisah masa lalu dari kebesaran bangsa dan negaranya. Dengan begitu mereka akan mendapatkan spirit kuat untuk meneruskannya.

Museum harus bisa menjadi tempat belajar, karena itu pengelolaan museum harus disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Pemanfaatan teknologi juga bisa digunakan dalam usaha memamerkan koleksi museum.

“Bagaimana caranya agar museum bisa menjadi candu bagi kaum melenial? Ya tentunya pengelolaannya harus disesuaikan dengan zaman. Beri fasilitas penunjang yang sesuai dengan keinginan milenial. Misalnya spot foto dan informasi digital lainnya,” ujarnya.

Koleksi juga tidak perlu banyak dipamerkan. Cukup sajikan saja informasi-informasi dalam bentuk audio visual atau digital. Pengelola museum tidak harus selalu untuk menonjolkan dan mempertahanakan kekhasan wilayah. Harus ada keberanian dalam melakukan inovasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Agung Krisyanto, menyebut ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam memamerkan koleksi museum. Di antaranya masalah cahaya, tata letak foto, dan juga sirkulasi udara.

Foto juga harus memberi informasi yang mudah dipahami dengan keterangan fotonya. Tata cahaya lampu juga harus bisa menciptakan kesan artistik dan menyenangkan untuk dilihat, tanpa menghilangkan makna dari koleksi yang mendapatkan penekanan.

“Benda koleksi museum juga harus dihindarkan dari paparan sinar ultra violet secara langsung. Suhu ruangan museum harus dijaga kelembabannya. Untuk koleksi yang di rak, paling bawah yang berat lalu ke atasnya yang ringan,” terangnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...