Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Disdukcapil Pati Pastikan Suket E-KTP Bisa Digunakan Daftar CPNS

MURIANEWS.com, Pati – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 sudah mulai dibuka. Pendaftaran akan berakhir pada 27 November 2019 mendatang.

Namun, ternyata ada banyak para calon pendaftar yang bingung terkait surat keterangan (Suket) pengganti E-KTP. Bahkan mereka rela datang langsung ke Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pati untuk menukar suket dengan E-KTP.

Hal itu seperti yang dilakukan oleh Alifatur Rusyda (26) warga Desa/ Kecamatan Gembong, Pati. Dirinya hendak mendaftar CPNS, tetapi hanya memegang suket dari Dispendukcapil. Sehingga, dirinya datang langsung ke dinas untuk meminta E-KTP.

“Mau daftar CPNS, tapi E-KTP saya belum jadi. Ini saya baru ngurus agar dapat E-KTP,” katanya, Selasa (12/11/2019).

Terkait dengan itu, ada banyak pendaftar CPNS yang antre di Dispendukcapil untuk mendapatkan E-KTP. Padahal, dengan suket pun bisa digunakan untuk mendaftar.

Kepala Dispendukcapil Pati Rubiyono mengatakan, sebenarnya suket itu pengganti E-KTP, lantaran blankonya belum ada. Sementara pemegang suket tetap bisa menggunakan suket itu untuk daftar CPNS.

“Tetapi harus diteliti dulu, suket itu ada masa berlakunya. Kalau masa berlakunya habis dan belum mendapatkan blanko, silahkan datang lagi ke Disdukcapil, nanti bisa diperpanjang,” katanya.

Dia juga tidak bisa secara tiba-tiba memberikan blanko E-KTP kepada para pendaftar CPNS. Karena, prioritasnya adalah yang terlebih dahulu melakukan perekaman.

“Tiap tiga pekan, kami dapat kiriman blanko sebanyak 500 keping. Jumlah itu kami prioritas kan kepada warga yang sudah lama memegang suket. Kalau untuk warga yang ingin daftar CPNS, tetap kami berikan suket,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...