Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bisa Pantau CCTV dan GPS Mobil Dinas, SiPedang Setwan Pati Dilirik DPRD Gresik

0 186

MURIANEWS.com, Pati – Inovasi yang dilakukan Sekretariat DPRD (Setwan) Pati berupa aplikasi SiPedang atau Sistem Pengawasan dalam Genggaman, menginspirasi Setwan Gresik untuk menerapkan sistem yang sama.

Rombongan Setwan Gresik, Selasa (12/11/2019) datang ke DPRD Pati ini mempelajari sistem ini.

SiPedang merupakan aplikasi CCTV dan GPS tracker berbasis Android. Aplikasi CCTV online ini sudah diintegrasikan ke 16 CCTV di DPRD Pati. Sedangkan GPS tracker sudah digunakan di masing-masing kendaraan operasional dinas.

Sehingga, dengan adanya aplikasi SiPedang itu, Setwan bisa mengetahui keberadaan mobil dinas di manapun berada.

Kasubag Humas Protokol Setwan Gresik Jhonis mengatakan, kunjungan ini sangat penting untuk nantinya bisa diterapkan di DPRD Gresik. Sebab, penerapan aplikasi SiPedang ini, justru akan sangat membantu setwan dalam mengontrol keberadaan kendaraan anggota dewan.

“Kami sangat ingin tahu aplikasi SiPedang itu. Sehingga datang ke Setwan Pati untuk mempelajari hal itu,” katanya, Selasa (12/11/2019).

Selain SiPedang, mereka juga mempelajari aplikasi surat perintah perjalanan dinas (e-SPPD). Aplikasi ini sebagai kontroling perjalanan dinas. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan form pengisian data terkait waktu dan anggaran perjalanan dinas.

“Dengan begitu, nanti kita kan bisa melihat, berapa anggaran yang dibutuhkan kemudian memantau perjalanan dinas itu. Saya pikir ini lebih efektif,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, selama ini pihaknya mengaku mengeluarkan banyak dana untuk perjalanan dinas. Tetapi, transparansinya masih minim.

“Dengan adanya aplikasi ini kan sangat membantu. Anggaran murah, penggunaannya tepat sasaran,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Pati Bambang Santosa menyambut baik keinginan Setwan Gresik. Pihaknya mengaku sangat terbuka dan menyampaikan semua yang dibutuhkan oleh Setwan Gresik.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

CAPTION: Foto bersama anggota Setwan Pati dan Gresik. (MURIANEWS.com/Cholis Anwar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.